Polisi Gerebek Salon Kecantikan Ilegal di Makassar

Polisi Gerebek Salon Kecantikan Ilegal di Makassar

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 17:03 WIB
Foto: M Nur Abdurrahman-detikcom/Polisi menggerebek salon kecantikan ilegal di Makassar, Sulsel
Foto: M Nur Abdurrahman-detikcom/Polisi menggerebek salon kecantikan ilegal di Makassar, Sulsel
Makassar - Tim Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar menggerebek salon kecantikan diduga ilegal. Sejumlah barang disita.

Penggerebekan dilakukan di salon QB, di Jalan Monumen Emmy Saelan, Selasa (19/11/2019). Polisi mendapati seoorang pelanggan sedang diinfus menggunakan cairan pemutih, yang dicampur dengan cairan Kolagen dan Vitamin C.

Di lokasi, anggota Satreskrim Polrestabes Makassar menyita sejumlah obat-obatan, cairan infus, bahan kosmetik ilegal, dan peralatan medis seperti alat infus dan peralatan kedokteran gigi.




Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko yang memimpin penggerebekan, mengatakan pihaknya mendapat informasi masyarakat soal layanan praktik ilegal ini.

"Saat digerebek, salon ini sedang melayani praktek kedokteran kecantikan ilegal, dilakukan oleh karyawan salon yang tidak memiliki kualifikasi tenaga medis," ujar Indratmoko.

Polisi memeriksa pemilik salon berinisial IK, serta dua pelanggan yang ingin melakukan perawatan kulit dan perawatan gigi.

"Karena salon ini melakukan praktek kedokteran kecantikan tanpa izin dan dilakukan bukan tenaga berkualifikasi medis, melanggar UU Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, serta UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, ancaman pidana hukuman 6 sampai 15 tahun penjara," pungkas Indratmoko.

Salon QB diketahui memasang tarif Rp 350 ribu untuk layanan infus cairan pemutih kulit, Rp 1 juta untuk sulam lesung pipi, dan Rp 1,5 juta untuk veneer gigi.

Saat ini pemilik dan karyawan salon masih berstatus terperiksa. Polisi juga akan menyelidiki sumber obat-obatan dan peralatan medis yang digunakan di salon ini. (mna/fdn)