Sambangi KPK, Lili-Gufron Bertemu Pegawai dan Ngopi Bareng Pimpinan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 15:58 WIB
Lili Pintauli Siregar (kanan) dan Nurul Ghufron (kiri) mendatangi gedung KPK (Ibnu/detikcom)
Lili Pintauli Siregar (kanan) dan Nurul Ghufron (kiri) mendatangi gedung KPK (Ibnu/detikcom)
Jakarta - Dua komisioner KPK terpilih periode 2019-2023 Lili Pintauli Siregar dan Nurul Ghufron mendatangi gedung KPK. Keduanya mengaku datang untuk beradaptasi sebelum nanti resmi memimpin lembaga antirasuah itu.

"Kita adaptasi," kata Lili di KPK Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

Lili menilai bila proses adaptasi dilakukan setelah hari pelantikan akan tidak efektif. Dia mengatakan sempat menemui para pegawai dan pejabat.


"Ya karena kan kita paling enggak kalau habis pelantikan terus kita ke mari, kayaknya nggak efektif ya untuk belajar. Jadi perkenalan dulu. Jadi sebelum tanggal 19 Desember, 20 Desember pelantikan mungkin kita bisa satu atau dua kali kemari, bertemu dengan teman-teman pegawai dan struktur. Kita juga paham, apa yang tersisa dan terus kita lakukan, seperti apa," ucap Lili.

Pada kunjungan kali ini, Lili mengaku bertemu dengan tiga pimpinan KPK yakni Laode M Syarif, Alexander Marwata, dan Basaria Pandjaitan. Lili mengatakan pertemuan itu hanya membicarakan soal peringatan hari antikorupsi dan hal-hal ringan lainnya. Belum ada pembicaraan soal UU KPK.

"Tadi ketemu dengan pimpinanlah, ada Pak Alex, Pak Laode, ada Bu Bas. Karena kan mungkin kita akan ikutan juga ya Hari Antikorupsi (9 Desember) kan udah deket waktunya. Nggak (bahas UU KPK), nggak seberat itu, tadi kita say hello aja dan ngopi bareng," sebutnya.




Sementara itu, Nurul Ghufron menambahkan ketika nantinya resmi memimpin akan bersinergi dengan Wadah Pegawai (WP) KPK. Menurutnya, apapun yang menjadi bagian KPK harus bersama saling sinergi untuk membangun KPK semakin baik ke depannya

"Saya merasa WP atau apapun yang menjadi bagian dari KPK ini adalah bagian dari KPK keseluruhan. Dan kami akan bersinergi dengan semua pihak bukan hanya WP tapi juga eksternal KPK yang selama ini turut membangun KPK. Sebagaimana yang kita ketahui menjadi lembaga yang dipercaya masyarakat. Artinya bukan hanya WP juga teman-teman atau pihak lain yang selama ini turut membangun kepercayaan masyarakat terhadap KPK," kata Ghufron.


Kelima komisioner KPK terpilih periode 2019-2023 yakni Firli Bahuri, Nawawi Pomolango, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, dan Nurul Ghufron telah disahkan oleh DPR.

Kelima komisioner KPK itu dipilih setelah melalui serangkaian proses seleksi, uji kelayakan di DPR, hingga akhirnya disahkan dalam rapat paripurna. Kelima komisioner KPK terpilih periode 2019-2023 ini akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2019. (ibh/jbr)