detikNews
2019/11/19 13:47:26 WIB

NasDem Minta Edhy Buat Kebijakan dengan Efek Jera Setara Tenggelamkan Kapal

Mochamad Zhacky - detikNews
Halaman 1 dari 2
NasDem Minta Edhy Buat Kebijakan dengan Efek Jera Setara Tenggelamkan Kapal Ketua DPP NasDem Taufiqulhadi (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Partai NasDem menilai keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyetop kebijakan penenggelaman kapal seperti di era Susi Pudjiastuti sudah tepat. NasDem menilai kapal-kapal yang asing yang melanggar itu memiliki nilai ekonomi.

"Saya menganggap bahwa semua kapal yang melakukan pencurian itu harus ditangkap, dan memang tidak perlu ditenggelamkan, tetapi itu bisa digunakan secara ekonomi, apakah itu dilelang dan sebagainya," kata Ketua DPP NasDem Taufiqulhadi di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/11/2019).



Taufiqulhadi menyakini dihentikannya penenggelaman kapal telah dikaji oleh pihak KKP. Meski demikian, ia meminta Edhy menetapkan kebijakan yang memberikan efek jera seperti penenggelaman kapal.

"Menurut saya, apa yang dilakukan sekarang itu adalah melalui kajian yang komprehensif," jelasnya.

"Kalau sekarang itu diganti, saya berharap kebijakan sekarang itu memiliki daya shock therapy yang sama dengan sebelumnya, sehingga tidak ada lagi pencurian-pencurian ikan di laut kita," sambung Taufiqulhadi.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan akan menghentikan penenggelaman kapal maling ikan. Edhy mempertimbangkan agar kapal-kapal ilegal yang disita Kejaksaan Agung diberikan untuk nelayan.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com