detikNews
2019/11/19 12:30:27 WIB

Di Kemendikbud, Direktur Bank Dunia Ingatkan 5 Pilar Majukan Pendidikan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Halaman 1 dari 2
Di Kemendikbud, Direktur Bank Dunia Ingatkan 5 Pilar Majukan Pendidikan Direktur Bank Dunia di Kemendikbud (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta - Direktur Pendidikan Bank Dunia (World Bank) Jaime Saavedra bicara tentang lima pilar penting untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Kelima pilar itu adalah murid yang sehat, keberadaan guru, fasilitas tempat belajar, suasana di sekolah, hingga manajemen pendidikan.

"Area pertama adalah para pelajar harus disiapkan untuk motivasi belajar. Kita harus menginvestasi pada PAUD dan juga anak-anak memiliki gizi. Jadi siswa perlu disiapkan pendidikan," kata Saavedra saat menjadi pembicara di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).


Pilar kedua adalah guru. Saavedra menekankan guru merupakan profesi yang sangat penting dalam sistem pendidikan.

"Perlu kita melihat bahwa guru, profesi guru adalah pilar yang sangat penting dalam pendidikan dan guru itu benar-benar perlu menginternalisasikan dalam dirinya bahwa mereka bukan hanya mengajar tapi memastikan semua anak di kelas belajar," jelasnya.

Saavedra kemudian menyebut pilar ketiga adalah fasilitas yang baik. Fasilitas ini dapat berupa ruang kelas, kurikulum dan teknologi yang mendukung pendidikan.

"Memastikan ada ruang kelas. Kita memiliki ruang dan kesempatan yang cukup untuk belajar. Jadi memberikan kurikulum yang tepat dan teknologi yang suportif," kata Saavedra.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com