detikNews
Senin 18 November 2019, 18:52 WIB

Penyerang di UMI Makassar Sempat Gelar Aksi Desak Mapala Dibubarkan

Hermawan Mappiwali - detikNews
Penyerang di UMI Makassar Sempat Gelar Aksi Desak Mapala Dibubarkan /Ruang kuliah di kampus UMI Makassar dirusak, Senin (18/11/2019)Ruang kuliah di kampus UMI Makassar dirusak, Senin (18/11/2019)/Foto: Hermawan M-detikcom
Makassar - Pelaku penyerangan ruang sekretariat Mapala UMI Makassar, Sulsel, sempat menggelar aksi menuntut pembubaran Mapala. Tapi aksi berujung perusakan sekret Mapala hingga ruang kelas Fakultas Hukum.

"Tadi mereka datang (demo) ke rektorat, tuntutannya adalah meminta supaya unit kegiatan mahasiswa (UKM) Mapala ini dibubarkan," ujar Wakil Rektor III Bagian Kemahasiswaan, UMI Makassar, La Ode Husen, kepada wartawan, Senin (18/11/2019).

Tuntutan tersebut, kata Husen, dijawab dengan penegasan tidak ada kebijakan pembubaran. Kampus menurut Husen hanya membekukan aktivitas Mapala dalam rentang waktu yang belum ditentukan.




"Yang ada nomenklatur dibekukan UKM-nya, termasuk pengurusnya, termasuk kegiatannya yang mengatasnamakan UMI," tegas Husen.


Ruang kuliah di kampus UMI Makassar dirusak, Senin (18/11/2019)Ruang kuliah di kampus UMI Makassar dirusak, Senin (18/11/2019) Foto: Hermawan M-detikcom


Setelah aksi ini, puluhan orang menyerang ruang sekret Mapala UMI Makassar.

"Di Fakuktas Hukum yang terjadi kerusakan tadi. Ada 1 eks sekretariat, dan UKM itu sudah kita bekukan. Dia unit kegiatan mahasiswa Pencinta Alam. Sekretariat itu sudah tidak terpakai karena sudah dibekukan," ujar Husen.

Pihak kampus menyerahkan penanganan kasus penyerangan ini ke polisi. Kampus akan bertindak tegas bila ada mahasiswa yang ditetapkan sebagai tersangka perusakan.

"Begitu ada pengembangan sebagai tersangka, yang terlibat penyerangan itu langsung akan kita ikuti dengan tindakan drop out, dikembalikan kepada orang tuanya," katanya.


Ruang kuliah di kampus UMI Makassar dirusak, Senin (18/11/2019)Ruang kuliah di kampus UMI Makassar dirusak, Senin (18/11/2019) Foto: Hermawan M-detikcom



Selain Sekret Mapala, Pos Keamanan UMI Makassar Juga Dirusak Massa:

[Gambas:Video 20detik]




(fdn/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com