detikNews
Senin 18 November 2019, 15:46 WIB

WN Peru Penelan 125 Kapsul Kokain Dituntut 18 Tahun Bui

Aditya Mardiastuti - detikNews
WN Peru Penelan 125 Kapsul Kokain Dituntut 18 Tahun Bui WN Peru penelan kokain. Foto: Aditya Mardiastuti-detikcom
Denpasar - Warga negara (WN) Peru Guido Torres Morales (55) dituntut 18 tahun penjara. Morales diyakini jaksa terbukti mengimpor kokain seberat 950 gram dengan cara ditelan.

"Menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Denpasar yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan menyatakan terdakwa Guido Torres Morales telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah yaitu secara tanpa hak atau melawan hukum mengimpor narkotika golongan I dalam bentuk bukan tanaman beratnya melebihi lima gram. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Guido Torres Morales tersebut dengan pidana penjara 18 tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dan pidana denda sebesar Rp 3 miliar subsidair 6 bulan penjara," kata jaksa penuntut umum Anak Agung Alit Rai Suastika saat membacakan surat tuntutan di PN Denpasar, Jl PB Sudirman, Denpasar, Bali, Senin (18/11/2019).


Jaksa menyatakan hal yang memberatkan Morales yakni perbuatan terdakwa membahayakan kesehatan dan perkembangan fisik serta mental generasi muda. Selain itu berdampak negatif bagi perkembangan pariwisata Bali.

"Hal yang meringankan terdakwa bersikap sopan dalam persidangan, terdakwa mengakui perbuatannya, dan terdakwa belum pernah dihukum," ujar jaksa Gede.

Jaksa juga menyatakan dua ponsel milik terdakwa dirampas untuk dimusnahkan. Selain itu 125 kapsul seberat 950 gram netto yang telah disisihkan menjadi 947,50 gram dirampas untuk dimusnahkan.


Setelah berkonsultasi dengan penasihat hukumnya, sidang pembacaan nota pembelaan akan dilanjutkan Kamis (21/11).

Kasus ini bermula saat Morales tiba di Bali dengan menumpang pesawat Emirates EK 450 berangkat dari Dubai menuju Denpasar Rabu (26/6) sekitar pukul 16.00 Wita. Morales tiba di Bali dengan menelan 125 kokain yang dilapisi gulungan alumunium foil yang terbungkus plastik bening.

Kasus itu terungkap setelah Morales terendus oleh petugas Bea Cukai Bandara I Gusti Ngurah Rai. Mulanya Morales mengeluarkan 124 butir gulungan alumunium foil yang terbungkus dengan plastik bening kokain seberat 1.173,06 gram brutto atau 942,4 gram netto.


Morales lalu diserahkan ke Ditresnarkoba Polda Bali untuk diperiksa. Saat diperiksa polisi, Morales kembali mengeluarkan sebutir gulungan alumunium foil yang terbungkus plastik bening seberat 9,16 gram brutto atau 7,6 gram netto.

Atas perbuatannya Morales dijerat dengan pasal 113 ayat (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.




Simak juga video Polres Jakpus Sita Kokain Hampir 1 Kg Asal Ethiopia:

[Gambas:Video 20detik]




(ams/tor)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com