detikNews
Senin 18 November 2019, 15:05 WIB

Kadisnaker Kabupaten Bogor Temui Massa Demo, Yakinkan soal UMK 2020

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kadisnaker Kabupaten Bogor Temui Massa Demo, Yakinkan soal UMK 2020 Foto: Kadisnaker Kabupaten Bogor temui massa buruh (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Bogor - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Bogor Rahmat Surjana mendatangi massa buruh yang melakukan aksi di depan kantor Disnaker. Rahmat menyakinkan buruh tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2020.

Pantauan detikcom, Rahmat datang ke kumpulan massa sekitar pukul 14.26 WIB. Dia pun naik ke salah satu mobil komando untuk berbicara ke hadapan massa. Rahmat mengatakan Disnaker akan merekomendasikan kenaikan UMK sebesar 8,51 persen.


"Pertama, UMK kita rekomendasikan 8,51 persen. Kedua, UMSK, didorong untuk berdialog antara serikat pekerja dan pengusaha. Didorong untuk berdialog antara serikat pekerja dan pengusaha," kata Rahmat, di depan Kantor Disnaker Kabupaten Bogor, Senin (18/11/2019).

Dia menambahkan rekomendasi ini akan ditandatangani langsung oleh Bupati Bogor Ade Yasin.

"Ketiga, setelah ditandatangani Bupati, saya sendiri, dengan ditemani perwakilan serikat pekerja dan Apindo akan menyampaikan rekomendasi kita ke Gubernur. Cukup ya begitu," jelas dia.


Kadisnaker melanjutkan sore ini ia akan segera menemui Ade Yasin. Dia pun meminta para massa agar percaya kepadanya.

"Sebentar ya, percaya sama saya. Gitu ya. Besok disampaikan ke Gubernur," ujarnya.

Usai menyampaikan hal tersebut, Kadisnaker langsung turun dari mobil komando dan kembali ke ruangannya.

"Kita kawal. Mari kita pindah ke depan Kantor Bupati Bogor untuk menunggu rekomendasi ini," ujar salah satu orator dari atas mobil komando.

Terpantau di lokasi, massa buruh mulai pergi meninggalkan kantor Disnaker sekitar pukul 14.35 WIB. Dengan memakai sepeda motor, para massa pergi menuju Kantor Bupati Bogor.

Arus lalu lintas di Jalan Bersih pun sudah dibuka. Kendaraan, dapat melaju di kedua arah. Kondisi lalu lintas pun terpantau lancar.




Tonton video Di Balik Stigma Negatif Pedemo Bayaran:

[Gambas:Video 20detik]




(gbr/gbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com