detikNews
Senin 18 November 2019, 12:20 WIB

Pimpinan TNI 3 Matra Bergantian Temui Jokowi, Bahas Apa?

Andhika Prasetia - detikNews
Pimpinan TNI 3 Matra Bergantian Temui Jokowi, Bahas Apa? Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan pimpinan TNI dari 3 matra, yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU). Apa yang dibahas?

"(Presiden) menyampaikan agar TNI AD, AL, dan AU, dan Polri menjaga bersama-sama agenda besar pembangunan yang dikerjakan pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, peningkatan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan birokrasi, penyederhanaan regulasi, transformasi ekonomi," kata Stafsus Presiden Fadjroel Rachman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (18/11/2019).


Pimpinan TNI 3 Matra Bergantian Temui Jokowi, Bahas Apa?Fadjroel Rachman (Andhika Prasetia/detikcom)

Para pimpinan TNI dari 3 matra, yaitu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Aji, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Namun, dari informasi yang didapat disebutkan bila Jenderal Andika sudah menemui Jokowi pada Kamis, 14 November kemarin. Sedangkan 2 kepala staf lainnya dijadwalkan bergiliran pada hari ini.

Dalam rangkaian pertemuan itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Mensesneg Pratikno mendampingi Jokowi. Lantas, apakah ada pembahasan soal jabatan wakil panglima yang mencuat beberapa waktu terakhir?


"Terkait dengan Wakil Panglima tidak ada pembahasan. Tetapi, seusai perpres, sekarang dalam proses untuk ditindaklanjuti. Kita akan menunggu. Tadi kami adakan pertemuan dengan Mensesneg Pratikno, beliau bilang sedang diproses pemerintah terkait Wakil Panglima TNI," ujar Fadjroel.

Nama kandidat Wakil Panglima TNI masih dirahasiakan. Namun sudah ada sejumlah masukan dan nantinya akan diputuskan Jokowi.

"Menurut Pak Pratikno, ada memang usulan-usulan. Tapi semua jadi hak prerogatif presiden untuk memutuskan atau menerima usulan pihak berkaitan penentuan Wakil Panglima TNI," kata Fadjroel.



Simak juga video Kisah Paspampres Era Jokowi: Maunya Dekat Rakyat, Harus Ekstra Hati-hati:

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/dhn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com