Nadiem Masuk 'Time 100 Next', Disebut Bawa Sentuhan Muda ke Kabinet Jokowi

Nadiem Masuk 'Time 100 Next', Disebut Bawa Sentuhan Muda ke Kabinet Jokowi

Indah Mutiara Kami - detikNews
Senin, 18 Nov 2019 11:51 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (Rengga Sancaya/detikcom)
Mendikbud Nadiem Makarim (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Nama Mendikbud Nadiem Makarim masuk daftar 100 orang yang berpengaruh di masa depan versi majalah Time atau disebut '100 Next'. Sosok Nadiem disebut membawa semangat muda ke Kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Majalah Time memilih 100 pendatang baru yang diyakini akan berpengaruh di masa depan di bidang bisnis, hiburan, olahraga, politik, kesehatan, sains, dan banyak lagi. Tak ada batas umur, daftar ini memuat sosok figur skater fenomenal berusia 14 tahun hingga politisi Israel berusia 44 tahun.


Nadiem sendiri masuk daftar '100 Next' di kategori 'Pemimpin'. Selain Nadiem, kategori itu memuat nama Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado Quesada hingga senator muda Amerika Serikat Josh Hawley.

Nadiem dan Presiden Jokowi / Nadiem dan Presiden Jokowi (Rengga Sancaya/detikcom)

Profil Nadiem di '100 Next' ditulis oleh jurnalis Time, Amy Gunia. Lompatan karier Nadiem dari bos startup Gojek menjadi menteri Kabinet Jokowi disorot.

"Pada akhir Oktober, pengusaha Indonesia Nadiem Makarim meninggalkan perusahaannya, yaitu Gojek, aplikasi populer yang menawarkan layanan pembayaran online hingga pemesanan makanan, untuk menduduki posisi di kabinet Presiden Jokowi," tulis Amy seperti dikutip dari situs majalah Time, Senin (18/11/2019).


Posisi Nadiem sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan diyakini punya peran dalam mengubah masa depan. Time juga mengutip pendapat Deputi Direktur Center for Strategic and International Studies (CSIS), Brian Harding.

"Dia kini adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan posisi itu, dia bisa punya peran membentuk masa depan pemimpin dari negara dengan ekonomi terbesar ke-16 di dunia ini. Mengutip Brian Harding, Deputi Direktur CSIS, 'Makarim akan membawa sentuhan kepemudaan dan kewirausahaan ke kabinet'," ungkap Amy.


Mendikbud Nadiem: Ada Pihak yang Mempertanyakan Kemampuan Saya

[Gambas:Video 20detik]

(imk/fjp)