Prabowo: ASEAN Harus Jadi Penyeimbang di Kawasan Indo-Pasifik

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 17 Nov 2019 23:00 WIB
Foto: (ANTARA/HO/Humas Setjen Kemhan)
Foto: (ANTARA/HO/Humas Setjen Kemhan)
Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan ASEAN harus menjadi penyeimbang dan penghubung di kawasan Indo-Pasifik melalui ASEAN Indo-Pasifik Outlook. Itu dilakukan agar tidak ada dominasi kekuasaan di kawasan.

"ASEAN melalui netralitas dan sentralitasnya mengajak seluruh negara di kawasan Indo-Pasifik untuk ikut bertanggung jawab terhadap keamanan kawasan," kata Prabowo, saat menghadiri pertemuan ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM) Retreat, di Bangkok, Thailand, seperti dilansir Antara, Minggu (17/11/2019).



Prabowo mengatakan Indo-Pasifik bukan semata-mata milik ASEAN tetapi juga milik masyarakat dunia. Selain itu, kata Prabowo, Indo-Pasifik juga harus terbuka dan berupaya mendatangkan manfaat bagi seluruh negara di kawasan.

"Indo-Pasifik tidak boleh dimaknai hanya dalam konteks bebas dan terbuka melainkan juga harus memiliki karakteristik inklusif, transparan, dan komprehensif, mendatangkan manfaat bagi kepentingan jangka panjang seluruh negara di kawasan, dan didasarkan pada komitmen bersama untuk mewujudkan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran bersama," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2