detikNews
2019/11/17 13:01:41 WIB

Bakul 'Perahu Pinisi', Tradisi Unik Maulid Nabi di Maros

Moehammad Bakrie - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bakul Perahu Pinisi, Tradisi Unik Maulid Nabi di Maros Tradisi unik bakul 'Perahu Pinisi' saat Maulid Nabi di Maros. (Moehammad Bakrie/detikcom)
Maros - Desa Damai, Tanralili, Maros, Sulawesi Selatan, memiliki tradisi unik dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Warga berebut makanan hingga barang yang diletakkan dalam miniatur perahu pinisi.

Pantauan detikcom, Minggu (17/11/2019), ada lebih dari 300 miniatur perahu pinisi yang berjejer. Perahu-perahu tersebut tampak berwarna-warni dan penuh hiasan. Tak hanya itu, berbagai bingkisan khas Maulid, dari telur warna-warni khas Maulid hingga perlengkapan alat rumah tangga lain, diletakkan di dalam perahu yang dijadikan bakul tersebut.


Tradisi unik bakul 'Perahu Pinisi' saat Maulid Nabi di MarosTradisi unik bakul 'Perahu Pinisi' saat Maulid Nabi di Maros. (Moehammad Bakrie/detikcom)

Tradisi ini sudah dilakukan lebih dari 20 tahun. Berebut bakul maulid yang diletakkan di 'perahu pinisi' sudah menjadi pemandangan yang lazim setiap tahunnya. Setiap tahunnya, jumlah perahu pun kian bertambah karena banyak warga yang ikut bersedekah membuat perahu dan hiasannya secara mandiri.

"Kita suku Bugis-Makassar, dikenal sebagai pelaut ulung, di mana perahu Pinisi ini merupakan sebuah identitas budaya yang menjadi lambang warga Sulsel. Makanya modelnya seperti ini," kata salah satu tokoh adat, Ahmad Maulana.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com