detikNews
2019/11/17 10:56:06 WIB

Api di Pabrik Pengolahan Karet di Jambi Akhirnya Berhasil Dipadamkan

Ferdi Almunanda - detikNews
Halaman 1 dari 1
Api di Pabrik Pengolahan Karet di Jambi Akhirnya Berhasil Dipadamkan Pabrik pengolahan karet di Jambi yang terbakar terlihat hangus rata dilalap api. (Ferdi Almunanda/detikcom)
Jambi - Petugas pemadam kebakaran akhirnya dapat memadamkan kebakaran hebat yang melanda pabrik pengolahan karet di kawasan Desa Kubu Kandang, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari, Jambi. Api berhasil dipadamkan setelah lebih dari 12 jam.

Pabrik pengolahan karet ini terbakar sejak Sabtu (16/11/2019) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Pabrik milik PT ABP (Aneka Bumi Pratama) diduga terbakar akibat hubungan pendek arus listrik.


Dari kebakaran itu, pemadam kebakaran sempat mengerahkan 4 unit mobil pemadam kebakaran dengan dibantu pihak BPBD. Petugas juga bahkan sempat kewalahan dalam upaya pemadaman tersebut karena pabrik keseluruhan berisikan pengolahan getah karet.

Kendati demikian, kobaran api itu tidak menyambar permukiman warga. Kebakaran di pabrik tersebut juga tidak sampai memakan korban jiwa.

"Korban jiwa tidak ada, karena saat itu karyawan pada libur. Sekarang api sudah dapat kita padamkan walau tadi agak sedikit kesulitan memadamkannya karena itu tempat pengolahan karet. Sekarang sudah padam apinya. Dan sedang proses pendinginan oleh petugas," kata Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran Dinas Damkar Kabupaten Batanghari Jambi, Amir Hamzah, kepada detikcom, Minggu (17/11/2019).


Petugas juga sempat berupaya memadamkan api dengan menggunakan racun api. Hanya saja, api yang begitu besar dari dalam pabrik membuat petugas terpaksa menggunakan air detergen untuk memadamkan api di pabrik itu hingga akhirnya dapat dipadamkan.

Pabrik yang terbakar itu kini juga terlihat rata setelah dilalap si jago merah. Selama 12 jam petugas berupaya memadamkan api di pabrik itu. Petugas hingga kini juga belum dapat memastikan secara rinci berapa jumlah kerugian atas kejadian terbakarnya pabrik pengolahan karet tersebut.
(mae/mae)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com