detikNews
2019/11/16 09:21:38 WIB

Round-Up

Ma'ruf Amin Jadi 'Hakim' Masa Depan Ahok

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Maruf Amin Jadi Hakim Masa Depan Ahok Ma'ruf Amin (Foto: Puspen Kemendagri)
Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok diajak Menteri BUMN Erick Thohir bergabung ke salah satu BUMN. Wapres Ma'ruf Amin bakal menjadi salah satu 'hakim' masa depan Ahok.

Ahok sendiri siap jika diminta menjadi bos BUMN. Namun, posisi Ahok di BUMN masih belum diumumkan secara terang-terangan.

"Bagi saya, kalau ada kesempatan bantu negara, pasti siap dan bersedia," kata Ahok menjawab detikcom, Rabu (13/11/2019).



Ahok sendiri mengaku belum dijelaskan detail soal pos yang akan diisinya ketika datang dan bertemu Erick di Kementerian BUMN. Namun dia sudah diajak bicara soal integritas.

"Hanya bicara secara global aja, tentang perlunya BUMN diisi orang-orang yang profesional dan punya integritas," ujarnya.

Pro-kontra pun muncul terkait ajakan dari Erick kepada Ahok untuk bergabung sebagai ke salah satu BUMN. Salah satu yang disorot adalah posisi Ahok sebagai kader partai. Namun, ada juga yang mendukung dan memuji kinerja Ahok saat di DKI.

Masa depan Ahok di BUMN ini bakal ditentukan lewat sidang tim penilai akhir (TPA) yang ketuanya adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Ketua-nya adalah Wapres Ma'ruf Amin. Sidang TPA ini sendiri bakal menentukan sejumlah direktur utama (Dirut) BUMN yang saat ini tengah kosong.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com