detikNews
2019/11/16 09:02:43 WIB

Round-Up

Uang Rp 477 Miliar Korupsi Kokos Jiang Akhirnya 'Pulang'

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Uang Rp 477 Miliar Korupsi Kokos Jiang Akhirnya Pulang Foto: Kokos, terpidana korupsi Rp 477 miliar (Dok ist)
Jakarta - Kokos Jiang alias Kokos Leo Lim divonis penjara 4 tahun atas perbuatan korupsinya. Kokos juga harus membayar uang pengganti senilai Rp 477 miliar ke negara.

Dalam rangkuman detikcom, Sabtu (16/11/2019), kasus ini berlangsung pada tahun 2011 silam. Kokos menawarkan cadangan batubara di Muaraenim Sumsel ke PLN.

Tapi dalam penawaran itu, Kokos mengatur sedemikian rupa agar operasi pengusahaan penambangan batubara agar jatuh kepadanya. Kokos melakukan serangkaian perbuatan yaitu tidak melakukan desk study dan kajian teknis, melakukan pengikatan kerja sama jual-beli batu bara yang masih berupa cadangan serta membuat kerja sama tidak sesuai spesifikasi batu bara yang ditawarkan.

Namun, kerja sama itu terindikasi kasus korupsi. Pihak kejaksaan mengendus adanya tindak pidana di transaksi ini dan akhirnya menjadikan Kokos tersangka.



"Kokos selaku Direktur Utama PT. Tansri Madjid Energi (PT.TME) dan selaku Kuasa dari Andi Ferdian sebagai Direktur PT.Tansri Madjid Energi (PT.TME) bersama-sama Khairil Wahyuni selaku Direktur Utama PT.PLN Batubara mengatur dan mengarahkan untuk membuat nota kesepahaman dan kerja sama Operasi Pengusahaan Penambangan Batubara agar diberikan kepada Kokos. Kokos membuat dan menandatangani Nota Kesepahaman dan Kerja sama Operasi Pengusahaan Penambangan Batubara tidak dilakukan "deks study" dan kajian teknis, melakukan pengikatan kerja sama jual beli batu bara yang masih berupa cadangan serta membuat kerja sama tidak sesuai spesifikasi batu bara yang ditawarkan," ucap Jamintel Kejagung, Jan S Maringka, kepada detikcom.
Kokos Jiang alias Kokos Leo Lim divonis penjara 4 tahun atas perbuatan korupsinya. Kokos juga harus membayar uang pengganti senilai Rp 477 miliar ke negara.Uang pengganti Kokos Jiang (Foto: Ari Saputra)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com