Komnas HAM Heran Toleransi Cenderung Menurun di Kalangan Muda-Terdidik

Komnas HAM Heran Toleransi Cenderung Menurun di Kalangan Muda-Terdidik

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 18:18 WIB
Diskusi soal Toleransi (Farih/detikcom)
Diskusi soal Toleransi (Farih/detikcom)
Jakarta - Komnas HAM menemukan penurunan sikap toleransi di masyarakat. Menurut Komnas HAM, yang aneh adalah makin tinggi pendidikan seseorang malah cenderung makin tidak toleran.

"Yang unik adalah kecenderungan itu menimpa kalangan muda, kemudian kalangan terdidik. Ini aneh juga, jadi semakin tinggi pendidikannya justru kecenderungannya semakin tidak toleran," ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dalam diskusi 'Meneguhkan Toleransi, Merawat Kebhinnekaan Indonesia' di Hotel Grand Sahid Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019).



Menurut Taufan, penurunan itu berkaitan dengan modernisasi dan sistem ekonomi yang berkembang. Selain itu, kata dia, melemahnya toleransi dinilai karena adanya persoalan yang besar dalam kurikulum pendidikan di Indonesia.

"Di sekolah-sekolah di kota, dibanding di desa yang fasilitasnya lebih rendah, yang di kota justru lebih eksklusif, itu temuan-temuan. Tapi bisa dibantah penelitian yang lain bisa menunjukkan indikasi yang lain. Tapi kita harus mengakui ada persoalan," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2