Carikan PSK untuk Pemesan di Depok, Muncikari 19 Tahun Dicokok Polisi

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 18:08 WIB
Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono
Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono
Jakarta - Polres Depok menangkap seorang muncikari berinisial DP (19) yang melakukan perdagangan wanita di Depok. Muncikari tersebut diketahui menjual seorang gadis SMA.

Awalnya DP mendapatkan pesanan dari seorang pria melalui pesan singkat WhatsApp pada Senin (11/11) yang minta dicarikan seorang gadis kelas II SMA. Saat itulah DP bertemu dengan korban inisial SP yang ternyata juga sedang membutuhkan uang.

"Pelaku memberitahukan kepada saudari SP bahwa ada tamu yang ingin dilayani, kemudian SP memasang tarif sebesar Rp 2 juta," kata Kasubag Humas Polresta Depok, AKP Firdaus dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (15/11/2019).



Firdaus mengatakan pelaku lalu menghubungi pria yang memesan dan mempertemukannya dengan korban di salah satu apartemen di Margonda. Pelaku kemudian mengambil untung sejumlah Rp 500 ribu dari penjualan tersebut.

"Pelaku sudah terima uang sebesar Rp 500 ribu dan sisanya sebesar Rp 1,5 juta akan diberikan setelah saudari SP melayani tamu," ucap Firdaus.

Firdaus menyebut setelah transaksi tersebut pelaku turun ke lantai dasar apartemen dan ditangkap oleh dua orang polisi. Saat ini pelaku diamankan di Polres Depok beserta barang bukti berupa HP dan uang sebesar Rp 500 ribu. Pelaku dikenakan pasal 76i juncto pasal 88 UU no 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak.



Pasal 76i menyatakan, "Setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan eksploitasi secara ekonomi dan/atau seksual terhadap anak."

Pasal 88 mengatur, setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 76i dipidana dengan pidana paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 200 juta. (dnu/dnu)