Sejak UU Baru Berlaku KPK Belum OTT, Saut: Kita Masih Kerja Kok

Sejak UU Baru Berlaku KPK Belum OTT, Saut: Kita Masih Kerja Kok

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 13:54 WIB
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Agung Pambudhy/detikcom)
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Operasi tangkap tangan (OTT), yang menjadi salah satu 'senjata' KPK menangkap koruptor, mejan setelah berlakunya Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019. UU baru KPK itu berlaku sejak 17 Oktober 2019.

Kenapa?

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang tidak menjawab gamblang pertanyaan itu. Dia membandingkan dengan kegiatan OTT sebelumnya yang juga sempat 'absen' beberapa waktu.

"Ya lihat saja kemarin KPK juga ada 2 bulan, 3 bulan nggak (OTT) kok," kata Saut di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2019).

Saut sekaligus menepis bila dikatakan KPK dalam situasi galau untuk melakukan OTT bila berkaca pada pasal-pasal dalam UU barunya. KPK ditegaskan Saut terus bekerja seperti biasa.

"Nggak, nggak. Hari ini kita masih bekerja. Penyelidik masih terus bekerja tapi aku nggak bisa nunjukin kamu kan siapa yang saya lagi ikutin hari ini, kan gitu," kata Saut.

"Aku juga baru-baru tanda tangan marking juga ya," imbuhnya.

Selain itu, Saut memastikan kasus-kasus selain OTT yang diusut KPK tidak akan berhenti. Satu per satu tunggakan kasus disebut Saut akan dituntaskan.

"Nanti kita pelajari, kita pelajari pelan-pelan ya," kata Saut.




Tonton juga video Jokowi Bicara Nasib Perppu KPK:

[Gambas:Video 20detik]



(zap/dhn)