Ada Acara Lain, Sekjen DPR Absen dari Panggilan KPK Sebagai Saksi

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 13:42 WIB
Sekjen DPR Indra Iskandar (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Sekjen DPR RI Indra Iskandar mengaku tak dapat memenuhi panggilan pemeriksaan KPK sebagai saksi kasus dugaan suap terkait impor bawang putih hari ini. Indra mengatakan dirinya ada kegiatan lain.

"Nggak bisa. (Agenda) ini kan sudah terjadwal. Ini kan suratnya (panggilan KPK) baru kemarin sampai," kata Indra di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (15/11/2019).



Namun Indra tak menjelaskan agenda apa yang harus dia datangi. Indra mengaku sudah memberitahu pihak KPK tak bisa memenuhi panggilan dan meminta pemeriksaannya diwakili saja oleh Biro Hukum DPR.

"Sudah ada surat pemberitahuan. Saya minta itu disampaikan setelah tanggal... setelah minggu depan, atau kami juga sedang berkoordinasi juga dengan penyidik kalau bisa diwakilkan Kepala Biro Hukum," ucapnya.

Indra mengaku diminta sejumlah penjelasan oleh penyidik KPK terkait mekanisme yang ada di DPR mengingat salah satu tersangkannya adalah eks Anggota DPR I Nyoman Dhamantra. Indra mengatakan dirinya sudah menyiapkan jawaban yang dibutuhkan.

"Ya (pemeriksaan KPK) untuk memastikan saja beberapa pertanyan soal mekanisme di Dewan (DPR) berkaitan dengan anggota, soal etika, soal apa itu, apakah itu ada aturan-aturannya. Ada beberapa pertanyaan yang sedang kita siapkan jawabannya," jelasnya.