detikNews
Jumat 15 November 2019, 06:47 WIB

Korban Terakhir Longsor di Gunung Sariak Padang Ditemukan

Sulthan Jeka Kampai - detikNews
Korban Terakhir Longsor di Gunung Sariak Padang Ditemukan Korban terakhir, Arif Rahman Hakim, ditemukan tim Basarnas dalam kondisi meninggal dunia.Foto: Sulthan Jeka Kampai/detikcom
Padang - Seluruh korban tewas akibat longsor area pertambangan tanah clay di kawasan Gunung Sariak Padang, Sumatera Barat, telah ditemukan. Korban terakhir, Arif Rahman Hakim, ditemukan tim Basarnas dalam kondisi meninggal dunia.

Jenazah Arif ditemukan tak jauh dari alat beratnya yang tertimbun longsoran tanah pada Kamis (14/11/2019) malam hari. Arif merupakan operator alat berat yang sedang bertugas pada saat itu.

"Sudah kami temukan. Posisinya tidak terlalu jauh dari tempat escavatornya ditemukan pada kedalaman sekitar 3 sampai 4 meter," kata Komandan Rescue Kantor SAR Padang, Ryan Agus Saputra, usai evakuasi.
Jasad korban ditemukan tertimbun di kedalaman hingga 4 meter.Jasad korban ditemukan tertimbun di kedalaman hingga 4 meter. Foto: Sulthan Jeka Kampai/detikcom


"Sebenarnya (jenazah) sudah ditemukan sejak menjelang azan Magrib, namun kita kesulitan mengeluarkan tubuh korban karena dalam posisi tergencet batu. Banyaknya warga yang ingin melihat juga menyulitkan tim," ujar Ryan.

Warga yang menonton di lokasi menyulitkan proses evakuasi korban.Warga yang menonton di lokasi menyulitkan proses evakuasi korban. Foto: Sulthan Jeka Kampai/detikcom

Dengan penemuan jenazah Arif,maka proses evakuasi dihentikan,. "Semua korban sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia," kata dia.

Longsor area penambangan tanah clay terjadi pada Kamis (14/11/2019) siang. Tanah tiba-tiba bergerak dan menimpa escavator dan dum truk yang sedang melakukan loading tanah.

Menurut laporan yang diterima Eka Putra, Camat Kuranji, saat kejadian ada tiga pekerja. Satu berhasil selamat setelah melompat saat longsoran terjadi, sedangkan dua orang lainnya menjadi korban dan tertimbun.

Keduanya adalah Syukri alias Pak De, sopir dum truk dan Arif Rahman Hakim yang mengoperasikan escavator.

Musibah ini sedang ditangani oleh pihak kepolisian Polsek Kuranji guna mencari sebab-sebab terjadinya peristiwa tersebut.
(aan/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com