detikNews
2019/11/15 00:52:55 WIB

Update Terkini Gempa M 7,1 di Malut yang Berpotensi Tsunami

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 1
Update Terkini Gempa M 7,1 di Malut yang Berpotensi Tsunami Gempa M 7,1 di Malut berpotensi tsunami. (Dok. BMKG)
Jakarta - Gempa bumi bermagnitudo 7,1 terjadi di Jailolo, Maluku Utara (Malut), berpotensi menimbulkan tsunami. Gempa ini dirasakan di sejumlah daerah.

BMKG melaporkan gempa ini terjadi pada Kamis (14/11/2019), pukul 23.17 WIB. Petugas meminta warga di tiga daerah di tiga daerah ini waspada terhadap gelombang tsunami.

Berikut ini beberapa update terbaru:

- Awalnya BMKG melaporkan gempa terjadi dengan magnitudo 7,4. Kemudian BMKG memutakhirkan bahwa gempa terjadi dengan magnitudo 7,1.

- Di daerah Bitung dan Manado, gempa dirasakan dalam skala IV-V MMI, yang artinya gempa dirasakan banyak orang dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, membuat benda terpelanting dan benda besar yang digantung bergoyang.

- Lokasi pusat gempa ini berada di koordinat 1,67 Lintang Utara dan 126,39 Bujur Timur. Pusat gempa ini berlokasi di 137 km barat laut Jailolo, Malut. Pusat kedalaman gempa berada di 73 km.

- BMKG mengingatkan ada tiga daerah yang berpotensi tsunami. Tiga daerah tersebut berstatus waspada. Ketiga daerah tersebut yakni Halmahera, Kota Bitung, dan Kota Ternate.

- Gempa bumi disertasi potensi tsunami terjadi di Sulawesi Utara. Warga di Minahasa Utara mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. Warga diimbau untuk menjauhi pantai dan diminta untuk terus siaga.

- Kerusakan ringan terjadi di Manado Town Square. Namun warga sudah mulai kondusif.

- Gempa juga dirasakan cukup kuat di Ambon, Maluku.

- Hingga pukul 00.50 WIB status potensi tsunami belum dicabut BMKG.
(jbr/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com