detikNews
2019/11/14 21:51:05 WIB

Kemendikbud Beri Penghargaan Anugerah Kihajar 2019 ke 16 Kepala Daerah

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kemendikbud Beri Penghargaan Anugerah Kihajar 2019 ke 16 Kepala Daerah Anugerah Kihajar 2019 (Rahel/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan Anugerah Kihajar 2019 ke 16 kepala daerah provinsi, kota, dan kabupaten di Indonesia. Penganugerahan ini diharapkan bisa menjadi teladan bagi daerah-daerah lain untuk meningkatkan penggunaan IT di bidang pendidikan.

"Tentu penghargaan ini akan diharapkan menjadi motivasi dan contoh untuk daerah-daerah lain. Dan IT menjadi bagian dari proses pendidikan kebudayaan sudah tidak bisa ditawar-tawarkan," kata Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi di Balai Kartini, di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).


Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kemendikbud Gogot Suharwoto menambahkan, tujuan adanya penganugerahan ini dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Khususnya dalam hal memetakan tingkat pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

"Penyelenggaraan Anugerah Kihajar kepala daerah dimaksudkan untuk memetakan tingkat pendayagunaan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan di daerah sebagai bagian dari upaya mendukung peningkatan mutu pendidikan dan kebudayaan," ucap Gogot.


Gogot juga menjelaskan bahwa ada 155 provinsi, kabupaten/kota yang mengikuti proses seleksi penganugerahan ini. Dari situ tersaring menjadi 34 wilayah. Kemudian makin mengerucut menjadi 21 wilayah, hingga terpilih lah 16 wilayah yang berhak menerima Anugerah Kihajar 2019.

"Tahap pertama 155 provinsi. Tahap kedua, sesi pertama lolos, diundang di Jakarta untuk melakukan presentasi, ada 34 provinsi. Kemudian ada wawancara sekitar 2 jam, tanya-jawab, presentasi, kemudian terpilihlah ada 21 kabupaten provinsi," jelas Gogot.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com