Cegat Pemotor Lawan Arus di Ciputat, Remaja Ini Nekat Pakai Seragam Polisi

Cegat Pemotor Lawan Arus di Ciputat, Remaja Ini Nekat Pakai Seragam Polisi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 18:53 WIB
Foto: Dok. Polsek Pondok Aren
Foto: Dok. Polsek Pondok Aren
Tangerang Selatan - Seorang remaja berinisial NF (13) ditangkap di Ciputat, Tangerang Selatan, karena memakai seragam polisi. Rupanya, NF melakukan itu untuk mencegat pengendara sepeda motor yang melawan arus.

Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Muharam Wibisono mengatakan NF saat itu menggunakan kaus cokelat dengan tulisan 'Polisi' dan logo polisi yang berada di bagian depan kaus. Dia berdiri di flyover Ciputat pada Rabu (13/11/2019) pagi dan menyuruh pengendara sepeda motor agar tidak melawan arah.

"Jadi itu kan hanya karena unsur mau gagah-gagahan. Jadi keinginan dia melihat polisi dia mau jadi anggota polisi tapi kan umurnya masih jauh, belum bisa daftar polisi," kata AKP Muharam Wibisono saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (14/11).

Masyarakat yang curiga melihat gelagat NF langsung melaporkan hal itu ke polisi dan polisi langsung mengamankan NF ke Polsek Ciputat untuk diinterogasi. Meski begitu, kata Muharam, NF tidak menyalahgunakan seragam itu untuk memeras warga.

"Sudah saya cek, dia lakukan tindakan itu gunakan pakaian polisi tidak melakukan pelanggaran hukum dalam artian bahwa dengan terjadinya ini dia nggak rugikan pihak mana pun," jelas Muharam.

Senada dengan Muharam, ketika dimintai konfirmasi secara terpisah, Kapolsek Ciputat Kompol Endy Mahandika mengatakan NF mengenakan kaus polisi dengan tujuan menertibkan masyarakat yang melanggar lalu lintas. Dia menyebut arus lalu lintas di sekitar flyover Ciputat memang banyak pengendara yang melanggar dengan melawan arus.

"Jadi itu polisi gadungan pakai seragam polisi aja. Yang bersangkutan hanya menyampaikan dia gunakan baju itu hanya untuk menyadarkan warga yang melawan arus di bawah flyover Ciputat," kata Endy.


"Niat yang bersangkutan ini sebenarnya baik hanya caranya yang salah karena memang banyak warga Ciputat di bawah flyover ini selalu melawan arus," sambungnya.

Dia juga menegaskan tidak ada aksi pemalakan yang dilakukan oleh NF. Saat digeledah, polisi menemukan sejumlah uang di kantong NF. Setelah diusut, uang tersebut bukan hasil pemalakan.

"Saat digeledah nggak ada apa-apa, hanya identitas di dompet ya seperti biasa ada kartu pelajar dan sejumlah uang. Uang ini memang kita dalami itu dari orang tua, dari neneknya, bukan dari isu yang berkembang kalau dia memalak bukan," jelas Endy.

Kepada polisi, NF mengaku ingin menjadi polisi. Polisi kemudian memanggil orang tua NF dan mengembalikan NF ke orang tuanya. Polisi menyebut tidak ada unsur pidana yang dilanggar oleh NF sehingga NF hanya diberikan pembinaan saja.

"Pengakuan yang bersangkutan baru pertama kali dan saksi di lokasi dia baru lihat oknum tersebut. Untuk sementara penanganannya sudah kita periksa, orang tua sudah kita panggil memang dia itu cita-cita mau jadi polisi," pungkas Endy.




Tonton juga video Heboh Cewek Pemotor Seberangi Sungai Bak Flying Fox:

[Gambas:Video 20detik]



Halaman

(sam/mea)