Polisi Periksa Rumah di Belawan Milik Rekan Pelaku Bom Medan

Polisi Periksa Rumah di Belawan Milik Rekan Pelaku Bom Medan

Budi Warsito - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 15:56 WIB
Tim Inafis dan Labfor kembali Geledah Rumah di Belawan Terkait Bom Medan (Budi Warsito/detikcom)
Tim Inafis dan Labfor kembali Geledah Rumah di Belawan Terkait Bom Medan (Budi Warsito/detikcom)
Medan - Tim Inafis dan Labfor Polda Sumut mendatangi dua rumah di Jl Serdang Uni Kampung, Medan Belawan, milik SA dan F. Keduanya adalah rekan pelaku bom bunuh diri Rabbial Muslim Nasution.

Pantauan di lokasi, tim Polda Sumut masuk ke rumah pada pukul 15.04 WIB, Kamis (14/11/2019). Mereka masuk ke rumah yang berada di dalam gang kecil. SA dan F disebut sebagai rekan kegiatan agama Rabbial.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo sebelumnya mengatakan pelaku bom bunuh diri diduga terpapar paham radikal lebih dulu dari istrinya berinisial DA.




"DA yang diduga terpapar lebih dahulu dibandingkan pelaku," kata Dedi.

Dari pemeriksaan, istri Rabbial diketahui pernah berkomunikasi dengan napi di Lapas Medan soal rencana aksi teror di Bali.

"Densus 88 sudah mengamankan istri daripada pelaku. Istri pelaku tersebut atas nama DA. DA yang diduga yang terpapar lebih dahulu dibandingkan pelaku," sambung Dedi.

 Tim Inafis dan Labfor kembali Geledah Rumah di Belawan terkait Bom Medan (Budi Warsito-detikcom) Tim Inafis dan Labfor kembali Geledah Rumah di Belawan Terkait Bom Medan (Budi Warsito/detikcom)


Dari hasil penelitian Tim Densus 88 dan Direktorat Siber Bareskrim Polri, DA, istri pelaku bom Medan, cukup aktif di media sosial.

"Dan secara fisik sudah pernah berkomunikasi atas nama I, yang saat ini sedang menjalani proses hukuman di lapas kelas 2 wanita yang ada di Medan. Dan di dalam jejaring komunikasi media sosialnya mereka merencanakan aksi terorisme di Bali. Itu lagi didalami dan dikembangkan," ujar Dedi.


Simak Video "Gubernur Sumut Tegaskan Polisi Tak Kecolongan Soal Bom Medan"

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)