PDIP Rela Lepas Ahok yang Diminta Jadi Bos BUMN

PDIP Rela Lepas Ahok yang Diminta Jadi Bos BUMN

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 11:52 WIB
Foto: Eriko Sotarduga (Mochammad Zhacky/detikcom)
Foto: Eriko Sotarduga (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta - PDIP mengaku siap melepas eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai kader. PDIP mendukung Ahok yang diminta untuk memimpin salah satu BUMN.

"Bagaimana partai, tentunya kalau partai sudah nanti menerima nanti penugasan beliau, sudah fixed menjadi katakan direksi atau menjadi komisaris, atau menjadi apa di BUMN manapun tentu partai harus melepaskan," kata Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (14/11/2019).


Eriko mengaku mendapat penjelasan soal aturan direksi BUMN tidak boleh berstatus sebagai kader partai dari Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Syaiful Hidayat. Menurut Djarot, sebut Eriko, yang harus mundur jika menjadi direksi BUMN adalah pengurus partai.

"Sekali lagi apapun persyaratan itu tadi kan sudah disampaikan Pak Djarot, kalau sebagai pengurus harus mundur. Tapi kalau sebagai anggota biasa ya ini yang harus kita lihat aturan seperti apa," ucapnya.

Eriko sendiri menilai Ahok cocok menjadi pimpinan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan. Dia menyebut BUMN-BUMN membutuhkan sosok yang bersih dan transparan seperti Ahok.

"Kalau lihat dari latar belakang, ya mungkin pertambangan lebih tepat untuk beliau. Tapi dari track record, apapun yang berkaitan, membutuhkan BUMN benar dan bersih dan baik, nah ini sudah terbukti dari track record Gubernur DKI, transparan dan lain-lain, nah ini dibutuhkan BUMN saat ini," jelasnya.


Diberitakan sebelumnya, Ahok terlihat berkunjung ke Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, kemarin pagi. Dia mengaku bahwa ia diminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk memimpin salah satu BUMN.

"Intinya kita bicara soal BUMN dan saya mau dilibatkan menjadi salah satu (peringgi) BUMN. Gitu aja. Jabatannya apa BUMN mana saya nggak tahu, mesti tanya ke pak menteri. Itu aja sih," ucap Ahok di Kementerian BUMN, Rabu (13/11).


Ahok Calon Bos BUMN, Ini Komentar Jokowi:

[Gambas:Video 20detik]

(zak/gbr)