detikNews
2019/11/14 07:36:03 WIB

Round-Up

Jokowi Menolak Penindakan Tanpa Peringatan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Jokowi Menolak Penindakan Tanpa Peringatan Presiden Jokowi (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Paradigma penegakan hukum dalam kacamata seorang Jokowi adalah mencegah terjadinya pelanggaran. Bagi Jokowi, para aparat penegak hukum harus lebih dulu menyemprit para pejabat sebelum membawa urusan itu ke meja hijau.

"Jelas-jelas keliru sejak awal diingatkan dong. Ini keliru, benerkan dong. Jangan ngerti keliru terus dikerjakan setelah rampung baru ditebas," kata Jokowi di Sentul Interrnational Convention Center (SICC), Bogor, Rabu (13/11/2019).




Arahan itu disampaikan Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Rakornas Forkompida). Para kepala daerah, pimpinan dewan daerah, aparat penegak hukum mulai dari kepolisian hingga kejaksaan serta TNI di daerah turut hadir.

"Saya titip kalau ada persoalan hukum dan itu sudah kelihatan di awal-awal. Preventif dulu, diingatkan dulu. Jangan ditunggu kemudian peristiwa terjadi baru di... Setuju semuanya?" kata Jokowi.

"Setuju," jawab para peserta.




Jokowi juga meminta aparat penegak hukum tidak melakukan kriminalisasi. Dia tidak ingin kebijakan pemerintah daerah dicari-cari kesalahannya.

"Selanjutnya yang berkaitan dengan kebijakan jangan ada kebijakan yang dikriminalisasi dicari-cari. Mendengar ini banyak sekali. Kalau tidak ada niat jahatnya, jangan dicari cari dong," kata Jokowi.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com