Round-Up

Lawatan Perdana Prabowo Perkuat Pertahanan ke Negeri Jiran

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Nov 2019 20:00 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan kunjungan kerja ke Malaysia besok membahas isu pertahanan. (Grandyos Zafna/detikcom)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan kunjungan kerja ke Malaysia besok membahas isu pertahanan. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bakal melakukan kunjungan kerja ke luar negeri untuk pertama kali. Memperkuat pertahanan, Prabowo akan melawat ke negeri jiran, Malaysia.

"Pak Prabowo besok ke Kuala Lumpur membicarakan kerja sama pertahanan Indonesia dan Malaysia," kata Staf Khusus Menhan Bidang Komunikasi Publik, Sosial-Ekonomi, dan Hubungan Antar-Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada wartawan, Rabu (13/11/2019).


Malaysia bakal jadi negara pertama yang dikunjungi Prabowo dengan statusnya sebagai Menteri Pertahanan. Setelah itu, mantan Danjen Kopassus tersebut akan melanjutkan kunjungan ke Thailand.

"Ke Malaysia dulu, dari Malaysia ke Bangkok, Thailand," kata dia.

Sebelum terbang ke Kuala Lumpur, Prabowo telah menerima kunjungan kehormatan Dubes Malaysia Dato Zaenal Abidin Bakar. Dalam pertemuan itu, Prabowo membahas peningkatan kerja sama di bidang pertahanan.



Prabowo menerima Dubes Malaysia di Gedung Jenderal Soedirman, Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (13/11). Kunjungan tersebut merupakan silaturahmi dan upaya meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan.

"Kunjungan para dubes dari negara sahabat ini, selain untuk menyampaikan ucapan selamat sekaligus memperkenalkan diri kepada Menhan RI, mewakili negaranya menyampaikan harapan dan keinginan masing-masing untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan dengan Indonesia," ujar Kapuskom Poblik Kemhan Brigjen Totok Sugiarto dalam keterangan pers.


"Di bawah kepemimpinan Menhan RI, pihaknya berharap ke depan hubungan persahabatan dan kerja sama Indonesia dan Malaysia, khususnya di bidang pertahanan, serta juga kerja sama kedua angkatan bersenjata yang telah terjalin baik selama ini akan semakin erat dan meningkat lagi," jelas Totok.

Prabowo saat menerima kunjungan Duta Besar Malaysia di Kemhan.Prabowo saat menerima kunjungan Duta Besar Malaysia di Kemhan. (Dok. Kemhan)

Selain itu, Totok menjelaskan, sebagai negara yang bertetangga dan satu rumpun, Malaysia berharap kerja sama akan terus terjalin serta mampu mewujudkan stabilitas keamanan di tingkat kawasan.

"Eratnya hubungan kerja sama pertahanan Indonesia dan Malaysia yang merupakan dua negara yang bertetangga dan masih satu rumpun bersaudara sangat penting bagi terwujudnya stabilitas keamanan di kawasan," ucap Totok. (gbr/dnu)