detikNews
2019/11/13 15:04:46 WIB

Alasan OC Kaligis Gugat Kasus 'Walet' Novel Baswedan

Yulida Medistiara - detikNews
Halaman 1 dari 2
Alasan OC Kaligis Gugat Kasus Walet Novel Baswedan OC Kaligis di PN Jaksel (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Terpidana kasus suap OC Kaligis mengajukan gugatan perdata agar perkara dugaan penganiayaan terhadap para pelaku pencurian sarang burung walet di Bengkulu pada 2004 dibuka lagi. Dalam dugaan penganiayaan itu, nama penyidik KPK Novel Baswedan disebut-sebut.

Apa alasan OC Kaligis melayangkan gugatan itu?

Dia merasa Novel kebal hukum. Padahal, menurut OC Kaligis, sudah banyak pihak yang melaporkan Novel atas dugaan penganiayaan itu.




"Pertama, si Donny sudah lapor Novel karena Donny nggak mau ngaku bahwa disuruh tanda tangan di BAP bahwa dia yang membunuh, kemudian, kedua, Aris Budiman juga laporin si Novel, nggak jalan. Ketiga, putusan PN Bengkulu memerintahkan kepada Jaksa Agung Prasetyo melimpahkan perkara, sudah ada nomornya, tidak dilimpahkan," ucap OC Kaligis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019).

"Jadi kelihatannya itu dia itu kebal hukum sekali," imbuh OC Kaligis.

Donny yang dimaksud OC Kaligis adalah Donny Juniansyah, yang pada 2004 menjadi anak buah Novel di Polda Bengkulu. Novel saat itu menjabat Kasat Reskrim. Polda Bengkulu saat itu memproses 6 pencuri sarang burung walet. Lantas, mereka diduga dianiaya Novel, tetapi Novel dituduh mengambinghitamkan anak buahnya, termasuk Donny.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com