Contohkan Demo Hong Kong-Chile, Jokowi ke Aparat: Hati-hati

Contohkan Demo Hong Kong-Chile, Jokowi ke Aparat: Hati-hati

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rabu, 13 Nov 2019 10:38 WIB
Foto: Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajaran aparat TNI-Polri untuk selalu menjaga situasi kondusif. Jokowi menyinggung peristiwa demo di Hong Kong dan Chile.

"Peristiwa sekecil apapun saya titip terutama untuk jajaran TNI dan Polri. Melihat sekecil apapun sebuah peristiwa jangan menggampangkan," kata Jokowi di Rakornas Forkompida, Sentul, Bogor, Rabu (13/11/2019).


Jokowi memberi contoh demo di Hong Kong yang sudah berlangsung selama berbulan-bulan. Dia menuturkan akibat demo tersebut ekonomi di Hong Kong terganggu.

"Dunia penuh ketidakpuasan, di Hong Kong sudah demo berhari-hari sehingga menuju sebuah resesi. Dari sebelumnya ekonominya sangat bagus," tutur Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga memberi contoh pada demo di Chile yang disebabkan kenaikan tarif transportasi sebesar 4 persen. Demo tersebut, menurut Jokowi, juga berdampak buruk bagi negara itu.


"Chile juga sama urusan kenaikan tarif transportasi yang hanya 4% jadi gelombang demo. Sehingga efeknya harusnya APEC yang dilaksanakan bulan ini harus jadi dibatalkan," ucapnya.

Lebih lanjut, Jokowi meminta jajaran aparat keamanan untuk berhati-hati dalam menindak hal-hal yang sensitif. Dia ingin jajarannya belajar dari peristiwa yang ada di luar negeri.

"Hati-hati menangani hal yang kecil kalau kita tidak sensitif bisa melebar ke mana-mana," terangnya.



Tonton video Jokowi Ingin Pengangguran Dilatih Jadi Barista Sampai Animator:

[Gambas:Video 20detik]



(fdu/gbr)