Soal Habib Rizieq, Imigrasi: Pemerintah Tak Boleh Tolak WNI Kembali ke RI

Soal Habib Rizieq, Imigrasi: Pemerintah Tak Boleh Tolak WNI Kembali ke RI

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Selasa, 12 Nov 2019 19:32 WIB
Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie (Grandyos Zafna/detikcom)
Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Direktorat Imigrasi Kemenkum HAM menegaskan pemerintah Indonesia tak bisa meminta Arab Saudi untuk mencekal Habib Rizieq Syihab. Indonesia juga tak boleh melarang jika Rizieq ingin kembali.

"Tidak bisa (Indonesia minta ke Arab Saudi), karena Pasal 14 Undang-Undang 6 Nomor 2011, pemerintah justru harus melindungi warga negaranya, jadi tidak boleh pemerintah menolak masuk warga negaranya kembali ke Indonesia, itu bagian dari perlindungan dan hak asasi bagi WNI untuk masuk," kata Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny F Sompie di Hotel Shangri-La , Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2019).


Dia mengatakan urusan perlindungan WNI itu ada di tangan Kementerian Luar Negeri. Pihak Imigrasi hanya bisa meminta dan menerima informasi berkaitan perlindungan WNI di luar negeri.

"Pemerintah Indonesia itu kan dibagi tugas-tuganya. Untuk memberikan perlindungan WNI di luar negeri, tentu bagian dari Kemenlu, kami selalu berusaha mendapatkan informasi dari Kemenlu," ucapnya.

Dia juga bicara soal kemungkinan komunikasi dengan pihak Habib Rizieq. Hingga kini, Imigrasi mengaku belum berkomunikasi untuk mengklarifikasi kebenaran surat cekal yang disebut Rizieq.

"Sampai sejauh ini belum ada kami koordinasi atau komunikasi dengan tim Habib Rizieq yang ada di Indonesia. Kami belum pernah lihat surat yang ditunjukkan kecuali di media sosial itu," ucap dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2