detikNews
Selasa 12 November 2019, 18:30 WIB

Pedang Zulfikar, Senjata Terkuat Nabi Muhammad SAW

Sudiarto Putra - detikNews
Pedang Zulfikar, Senjata Terkuat Nabi Muhammad SAW Pedang Zulfikar. Foto: Infografis: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta - Dari sekian banyak sejarah tentang Nabi Muhammad SAW, belum lengkap membahas tentang senjata terbaik yang dimiliki Nabi. Nabi memiliki pedang yang sangat popular, yaitu Pedang Zulfikar. Pedang ini bahkan digadang-gadang menjadi satu diantara senjata terkuat lainnya yang ada di muka bumi ini.

Bahkan, banyak yang menyebut bahwa kekuatan Pedang Zulfikar sebanding dengan seribu prajurit. Hal yang membuat pedang ini menjadi unik yaitu bentuknya yang sangat unik. Modelnya melengkung dan pada bagian ujung pedang terbelah menjadi dua. Belum ada yang bisa menjelaskan mengapa pedang tersebut bercabang pada ujungnya. Pada bagian badan pedang juga terdapat tulisan, yang tertulis kalimat.


"Tidak ada pemuda seperti Ali dan tidak ada pedang seperti pedang Zulfikar"

Pedang ini kemudian diberikan kepada Ali bin Abi Thalib yang menjadi sahabat, menantu, dan sepupu Nabi. Rasul memberikan pedang ini karena pedang milik Ali patah saat bertempur di medan perang. Di tangan Ali, kekuatan pedang ini makin tidak bisa tertandingi.

Salah satu hal yang masih menjadi perbincangan yaitu perihal si pembuat pedang tersebut. Hingga saat ini masih belum diketahui apakah Nabi sendiri yang memesan pedang tersebut ke ahli besi Arab atau sang ahli besi memberikan pedang itu secara Cuma-Cuma. Hal lain menebutkan bahwa pedang ini merupakan hasil dari rampasan perang.

Dalam sejarah mencatat bahwa pedang ini selalu menemani Ali dalam setiap pertempuran. Setelah Ali Wafat, kisah tentang pedang ini tidak lagi terdengar. Beredar kabar bahwa, Nabi memiliki 9 pedang dan hanya 8 pedang yang dapat disimpan di museum Topkapi di Turki dan ada pula di museum Kairo, Mesir. Keberadaan Pedang Zulfikar tidak pernah ditemukan di mana pun.

Banyak beredar cerita saat menjelang hari akhir, imam mahdi akan muncul. Ia dipercaya untuk menjadi pemegang Pedang Zulfikar untuk terakhir kalinya. Namun, hingga saat ini keberadaan pedang tersebut masih misterius. Tidak ada yang tahu siapa pemegang pedang hebat tersebut.





Simak juga video "ISIS Pergi, Warga Kurdi Rayakan Maulid Nabi" :

[Gambas:Video 20detik]


(lus/lus)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com