detikNews
2019/11/12 15:33:12 WIB

Profil Kapolsek yang Bersimpuh Saat Bentrok Warga-Penambang Pasir di Pinrang

Audrey Santoso - detikNews
Halaman 1 dari 2
Profil Kapolsek yang Bersimpuh Saat Bentrok Warga-Penambang Pasir di Pinrang Tangkapan layar video Kapolsek Cempa Pinrang Sulsel bersimpuh. (Istimewa)
Jakarta - Sosok Kapolsek Cempa Iptu Akbar Andi Malloroang viral di media sosial (medsos) lantaran aksinya bersimpuh melindungi penambang pasir yang hendak dikeroyok warga di Salipolo, Cempa, Pinrang, Sulawesi Selatan. Selain karena tugas kepolisian, Akbar mengungkapkan alasannya melindungi si penambang pasir karena teringat almarhum kakaknya yang meninggal dunia karena peristiwa serupa.

"Terus terang dulu saya punya kakak meninggal, sama, dalam kejadian kayak gini. Waktu saya kecil, saya punya kakak meninggal karena dianiaya beramai-ramai orang. Nah saya terinspirasi, seandainya ada orang yang selamatkan saya punya kakak seperti yang saya lakukan, mungkin saya punya kakak masih hidup," ungkap Iptu Akbar kepada detikcom, Senin (11/11/2019).


"Orang tua saya bilang kakak saya nggak tahu apa-apa dihadang di jalan, dibunuh ramai-ramai. Saya ingin kasih lihat kakak saya, walaupun dia almarhum, harus kasih bangga dia karena adiknya ini masih bisa menyelamatkan orang yang bernasib seperti dia," imbuh Akbar.

Akbar merupakan perwira pertama yang mengawali karier di Polri lewat jalur Sekolah Bintara Prajurit Karier (Seba PK). Dia lulus pada 1996. Pria 45 tahun ini kemudian berkesempatan alih golongan menjadi perwira dengan menempuh pendidikan Sekolah Calon Perwira (Secapa) dan lulus pada 2011.

Iptu Akbar Andi Malloroang (kiri)Iptu Akbar Andi Malloroang (kiri) (Foto: Dok. Istimewa)



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com