Gubernur Sulsel: Target RAPBD 2020 Rp 10,79 Triliun

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Selasa, 12 Nov 2019 14:43 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah di paripurna DPRD Sulsel (Noval Dhwinuari/detikcom)
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah di paripurna DPRD Sulsel (Noval Dhwinuari/detikcom)


Target PAD Sulsel sebesar Rp 10,46 triliun pada 2020 tersebut meningkat 5,48 persen dari APBD 2019.

Sementara itu, terkait belanja daerah, khususnya belanja tidak langsung, Pemprov Sulsel merencanakan belanja tidak langsung sebesar Rp 7,54 triliun lebih. Dana tersebut terdiri dari:

1. Belanja pegawai sebesar Rp 3,36 triliun lebih
2. Belanja hibah sebesar Rp 1,64 triliun lebih, yang sebagian besar di peruntukan untuk dana belanja operasional sekolah
3. Bantuan sosial sebesar Rp 1,42 miliar lebih
4. Bagi hasil sebesar Rp 1,81 triliun
5. Bantuan keuangan kepada pemerintah kabupaten/kota dan parpol sebesar Rp 696 miliar lebih
6. Belanja tidak terduga sebesar Rp 20 miliar lebih.

Untuk belanja langsung, Pemprov Sulsel merencanakan belanja langsung sebesar Rp 3,15 triliun lebih. Sebesar 41,59 dari dana tersebut digunakan untuk belanja pendidikan. Dana tersebut juga akan diarahkan untuk optimasi pelayanan dasar yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas khusus, khususnya jalan dan jembatan daerah terisolir. Akses ke kawasan produksi dan kawasan strategis lainnya, khususnya daerah destinasi. Serta peningkatan jaringan irigasi teknis yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi," jelasnya.

"Kita berharap agar dengan kebijakan ini memiliki dampak multiplayer guna mendorong akselerasi antarsektor pembangunan, khususnya untuk sektor pertanian. Kita berharap Sulawesi Selatan menjadi daerah mandiri benih. Bahkan mimpi kita ke depan akan menjadi penyangga benih khusus untuk kawasan Timur Indonesia," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3