detikNews
2019/11/12 07:21:25 WIB

Pelukan Jokowi-Surya Paloh Dinilai Seperti Clinch dalam Tinju

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pelukan Jokowi-Surya Paloh Dinilai Seperti Clinch dalam Tinju Pelukan erat Joko Widodo (Jokowi) dan Surya Paloh. (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta - Kecurigaan politik sempat timbul usai pelukan erat Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Presiden PKS Sohibul Iman. Presiden Jokowi mengaku tak pernah dipeluk erat seperti yang dipraktikkan dua pimpinan parpol beda kubu itu. Kini ketegangan mereda lewat pelukan erat Jokowi dan Paloh. Namun, pelukan Jokowi-Paloh dinilai seperti clinch dalam tinju.

"Surya Paloh dan Jokowi berpelukan semalam itu seperti semacam clinch dalam tinju. Kemudian, mereka melihat momen selanjutnya," kata Direktur Eksekutif Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun kepada wartawan, Selasa (12/11/2019).



Clinch, sebagaimana jamak diketahui, adalah gerakan memeluk yang dilakukan petinju untuk mengurangi jarak pukul lawannya.

Rico menilai persaingan yang sehat belum berakhir. Tujuan NasDem yang dipimpin Paloh adalah Pemilu 2024. NasDem berani karena punya bekal lonjakan tambahan 23 kursi di parlemen, terbanyak di antara partai lain.

"Ada jeda, ada waktunya tarung lagi," ujar Rico.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com