detikNews
2019/11/11 23:02:20 WIB

Round-Up

Pelihara King Cobra Berujung Hilang Nyawa

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pelihara King Cobra Berujung Hilang Nyawa Rendy dan Ularnya (Dok. Komunitas Info Depok)
Depok - Seekor ular king cobra menyerang remaja Depok, Rendy Arga Yudha (18). Rendy pun tewas setelah sempat dirawat selama 4 hari di rumah sakit.

Dirangkum detikcom, peristiwa yang menimpa pedagang air kelapa itu terjadi pada Rabu (6/11/2019). Rendy meninggal di Rumah Sakit Universitas Indonesia, Depok, pada Minggu (10/11).

Seorang pedagang, Sakum, menyebutkan saat itu Rendy hendak membuka lapak dagangannya di Jalan Gas Alam, Harjamukti, Cimanggis, Depok.

"Dipatuknya di sini (warung), saya yang tolong pertama," kata Sakum saat ditemui detikcom di lokasi, Senin (11/11).

Seketika setelah dipatuk ular, Rendy meminta minyak kayu putih kepadanya. Saat itu Sakum baru mengetahui bahwa Rendy baru saja dipatuk ular king cobra.

"Saya lagi beres dagangan sendiri, siap-siap. Dia dari belakang bilang nggak lama, "Pakde...Pakde, punya kayu nggak?" Saya dengernya kayu. Maksudnya dia itu minyak kayu putih. Saya bilang kayu nggak ada. Kalau bambu banyak. Buat apa? Rendy bilang digigit ular, digigit kobra. Masya Allah, saya langsung bangun terus lihat tangannya," lanjutnya.


Sakum kemudian membantunya. "Saya pegang tangannya, terus saya kasih karet sama air putih. Saya langsung pergi kasih tahu budenya. Di jalan ketemu budenya, langsung ke sini," ucapnya. Rendy kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Saat kejadian, posisi ular masih berada di dalam kandang. Rendy juga sempat menutup kandang lagi setelah digigit ular.

"Di dalam kandang. Pas mau kasih minum, kandang dibuka. Tapi pas dipatuk, dia (Rendy) masih sempat ngamanin juga tutup kandang. Saya tanya ularnya di mana? (Dijawab Rendy) Masih di kandang Pakde," sambungnya.

Sakum mengatakan Rendy sudah lama memelihara ular king cobra itu. Rendy sering memberi makan ular tersebut. Menurut Sakum, Rendy memang pecinta reptil. Sebelum king kobra, Rendy juga memelihara piton.

"Yang saya tahu dua uler, piton apa yang pertama, baru kobra. Dia resep sih pelihara uler atau reptil gitu," lanjutnya.




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com