Diguyur Hujan 3 Jam, Jalanan Kota Samarinda Banjir

Yovanda - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 19:02 WIB
Foto: Hujan bikin sejumlah jalanan di Samarinda Tergenang Air (Yovanda-detikcom)
Foto: Hujan bikin sejumlah jalanan di Samarinda Tergenang Air (Yovanda-detikcom)
Samarinda - Hujan deras selama tiga jam mengakibatkan sejumlah kawasan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, banjir. Genangan banjir di jalanan mencapai 50 cm.

Pantauan di sejumlah tempat, Senin (11/11/2019), daerah yang terendam banjir di antaranya Jalan Cendana, Jalan Gerilya, Kemakmuran, Pelita, Sambutan, Jalan Pangeran Antasari, Jalan Ir H Juanda dan pusat kota di simpang empat Mall Lembuswana.

Sejumlah rumah warga di beberapa lokasi ada yang sudah terendam banjir. Banjir juga membuat pengemudi yang melintas di sejumlah ruas yang tergenang air melambatkan laju kendaraannya.



Salah seorang warga Samarinda, yang rumahnya terendam banjir, Awal Jalil mengatakan, hujan turun sejak pukul 16.00 Wita hingga pukul 19.00 Wita. Setelahnya gerimis, dan air langsung menggenang.

"Satu jam pertama gerimis saja, setelahnya deras sekali. Kondisi ruas jalan langsung tergenang dan ada beberapa rumah yang terendam banjir," kata Jalil.



Dia juga melihat adanya personel dari Pemkot yang berjaga di wilayah Jalan Jenderal Ahmad Yani, khususnya di simpang empat Alaya. Sejumlah relawan dan polisi berjaga di sekitar Jalan Martadinata.

Jalanan ini adalah akses jalan menuju Bandara APT Pranoto.

"Hampir di setiap ruas yang tergenang, itu pasti gorong-gorongnya penuh sampah. Walau hujan reda, banjir tetap naik," imbuhnya.



Sementara itu, salah seorang petugas relawan SAR, Budi Kusuma, mengatakan, banjir kali ini merupakan banjir pertama setelah musim kemarau 2019.

"Ini cukup besar dan luapan air sangat cepat, padahal hujannya hanya beberapa jam," kata Budi.


(rvk/fdn)