Tolak Ungkap Anggaran Terbuka, Prabowo Tak Ingin Asing Paham Pertahanan RI

Tolak Ungkap Anggaran Terbuka, Prabowo Tak Ingin Asing Paham Pertahanan RI

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 15:40 WIB
Menhan Prabowo Subianto rapat kerja dengan Komisi I DPR. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Menhan Prabowo Subianto rapat kerja dengan Komisi I DPR. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjelaskan alasan tak mau memaparkan anggaran Kemenhan ke publik. Prabowo mengaku tak ingin pihak asing mengetahui kondisi pertahanan RI.

"Secara umum, saya kira pihak manapun bisa mempelajari (pertahanan RI). Namun, sebagai penyelenggara di bidang pertahanan negara, seharusnya kita selalu prudent, hati-hati, dan sedapat mungkin sulit pihak non-Indonesia untuk terlalu mengerti dan memahami kondisi pertahanan kita. Ini sifat yang harus diambil oleh semuanya, itu pendapat saya," kata Prabowo dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019).


Prabowo menegaskan pemerintah bertanggung jawab terhadap pengelolaan anggaran pertahanan negara. Menurutnya, yang terpenting juga adalah anggota Komisi I DPR menguasai penganggaran untuk pertahanan negara.

"Kalau kita mau bicara soal anggaran, yang penting bahwa pemerintah itu bertanggung jawab. Yang penting adalah kita diawasi. Yang penting adalah bahwa lembaga legislatif, saudara-saudara yang mewakili kekuatan rakyat, yang mewakili rakyat, kedaulatan rakyat, saudara yang perlu untuk benar-benar menguasai," jelasnya.

Raker Komisi I dengan Prabowo memang sempat diwarnai perdebatan perihal status rapat terbuka atau tertutup. Salah seorang anggota Komisi I, Effendi Simbolon menginginkan raker berjalan terbuka meskipun membahas soal anggaran Kemenhan.
Selanjutnya
Halaman
1 2