Mayat dalam Koper di Bogor Dicek Tim Forensik, Ini Hasilnya

Mayat dalam Koper di Bogor Dicek Tim Forensik, Ini Hasilnya

Matius Alfons - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 14:47 WIB
Foto: Matius Alfons-detikcom/ Kepala Instalasi Forensik RS Polri, Kombes Edy Purnomo, di RS Polri
Foto: Matius Alfons-detikcom/ Kepala Instalasi Forensik RS Polri, Kombes Edy Purnomo, di RS Polri
Jakarta - RS Polri Kramat Jati membeberkan hasil pemeriksaan sementara mayat dalam koper yang ditemukan di Bogor. Dari pemeriksaan jasad, ditemukan luka benda tumpul di kepala dan wajah jenazah.

"Hasil pemeriksaan sementara adalah jenazah laki-laki, dengan luka-luka di wajah dan kepala, untuk selanjutnya masih menunggu pemeriksaan lebih lanjut. Untuk identifikasi hari ini keluarganya belum ada yang datang, jadi belum bisa dilakukan identifikasi," kata Kepala Instalasi Forensik RS Polri, Kombes Edy Purnomo, di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (11/11/2019).

Edy mengatakan jenazah yang diperkirakan berusia 40 tahun dengan berat 60 kilogram itu, sudah meninggal lebih dari 5 hari. Diduga korban meninggal karena dibunuh.

"Kalau menurut dari proses meninggal, artinya post mortem, jenazah diperkirakan sudah lebih dari 5 hari karena proses pembusukan yang sudah lanjut. Yang pasti karena ini menyangkut proses identifikasi dan kasus pembunuhan kemungkinan besar, kemungkinan pembunuhan jadi identifikasi kami utamakan baru nanti penyebab kematian dan proses pembunuhan lebih lanjut," ujar Edy.




Menurutnya, luka di wajah dan kepala jenazah disebabkan oleh benda tumpul. Dia juga memastikan kondisi kematian korban yang diikat dengan lakban juga memperkuat dugaan pembunuhan.

"Penampakan sementara adalah luka-luka pada daerah kepala dan wajah, perkiraan kemungkinan benda tumpul. Kalau kasat mata pasti pembunuhan, kemungkinan besar pembunuhan, kenapa? Karena pertama ditemukan di dalam koper. Kedua pada saat di koper dilakukan difiksasi dengan isolasi lakban ya agar bisa masuk koper dan itu memang adalah untuk hilangkan barang bukti," ujarnya.

Penemuan mayat pria dalam koper itu berawal dari laporan warga yang mengeluh bau busuk. Polisi kemudian turun tangan dan menemukan mayat dalam koper yang ada di pinggir jalan dekat hutan pinus di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Minggu (10/11) sekitar pukul 13.00 WIB.

"Kita mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada bau tidak sedap. Kemudian datang Polsek menindaklanjuti. Ternyata ada manusia di dalam koper, mayat," ujar Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Benny Cahyadi, Minggu (10/11).

Mayat tersebut berada dalam koper berwarna biru tua. Kondisi mayat ditutup dengan selimut dan diplester. (maa/fdn)