detikNews
Senin 11 November 2019, 14:41 WIB

NasDem Incar Anies-Ganjar Jadi Capres 2024, Puan: Banyak Juga Calonnya

Zunita Putri - detikNews
NasDem Incar Anies-Ganjar Jadi Capres 2024, Puan: Banyak Juga Calonnya Puan Maharani (Foto: Dok.PDIP)
Jakarta - Ketua DPP PDIP Puan Maharani ikut menanggapi ucapan Ketua DPP NasDem Zulfan Lindan yang mengatakan partainya mengincar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk capres 2024. Puan menilai hal itu sah-sah saja.

"Banyak juga ya calonnya ya," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

"Ya itu sah-sah saja, setiap parpol pasti mempunyai rencana jangka pendek, menengah dan panjang, apalagi 2024," imbuhnya.

Puan yang kini duduk di kursi Ketua DPR mengaku hanya fokus pada pemerintahan yang sedang berjalan ini hingga 2024. Dia enggan berbicara lebih jauh soal capres untuk Pilpres 2024.

"Bagi saya ini sebagai ketua DPR yang juga dari partai pemenang PDI Perjuangan ya kita tetap akan fokus bagaimana menjalankan sinergi pemerintahan ini ke depan sampai 2024," ujar Puan.

Puan juga mengatakan PDIP enggan terburu-buru untuk menentukan sosok capres 2024. Menurutnya PDIP memiliki banyak kader terbaik untuk dicalonkan di 2024 nanti.

"Masih panjang. Baru juga Presiden-Wakil Presiden dilantik. PDI Perjuangan insya Allah punya kader-kader terbaiknya kok untuk nanti 2024, jadi penjaringannya tunggu waktunya saja," jelasnya.

Terkait NasDem yang memasukkan nama Ganjar yang merupakan kader PDIP, Puan menegaskan setiap kader partai berlambang kepala banteng bermoncong putih memiliki aturan dan mekanisme partai dan harus mematuhi itu.

"Ya kalau di internal kami kan ada aturannya bahwa sebagai kader PDI Perjuangan ya harusnya ikut dengan apa yang menjadi aturan, atau mekanisme di PDI Perjuangan. Tapi, sebagai warga negara Indonesia ya punya hak masing-masing," katanya.

Sebelumnya, Zulfan bicara tentang Ketum NasDem Surya Paloh yang tak ingin maju sebagai capres meski diusulkan oleh DPW NasDem. Menurutnya, NasDem malah melirik sejumlah tokoh yang saat ini menjadi kepala daerah untuk diusung pada Pilpres 2024.

"Nggak mungkinlah, nggak mungkin. Kita sangat mengetahui. Satu, dia (Surya Paloh) tidak bersedia, kemudian kita melihat banyak generasi muda yang akan muncul. Gubernur-gubernur potensial ini, ada empat gubernur, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI, inilah yang harus kita usung orang-orang ini," kata Zulfan di Gado Gado Boplo, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/11).

Zulfan blak-blakan menyebut NasDem mengincar empat nama itu. Zulfan mengatakan partainya akan membuat konvensi dan dimungkinkan akan mencalonkan nama-nama tersebut.

"Empat gubernur. Itu paling tepat. NasDem mengincar empat gubernur untuk menjadi capres nanti," ungkap Zulfan.




NasDem Targetkan Raih Posisi Pertama dalam Pemilu 2024:

[Gambas:Video 20detik]


(zap/mae)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com