detikNews
Senin 11 November 2019, 13:31 WIB

Cerita Keakraban Muhayat dan Udin Marbut DKI Selama Ibadah Umrah

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Cerita Keakraban Muhayat dan Udin Marbut DKI Selama Ibadah Umrah Marbut Masjid Nurul Hikmah Cipinang Besar Utara Jaksel, Muhayat Muhasyim. Foto: Kanavino/detikcom
Mekah - Kegiatan umrah marbut dan majelis taklim DKI Jakarta menyimpan sejumlah cerita menarik. Salah satunya tentang persahabatan antarmarbut yang sebelumnya belum mengenal satu sama lain.

Para marbut dan majelis taklim yang diberangkatkan umrah berasal dari berbagai masjid di Jakarta. Selama di Tanah Suci, mereka membaur dan tidur bersama di hotel. Satu kamar diisi oleh empat atau tiga orang marbut.

Kebersamaan itu juga dirasakan oleh salah marbut Masjid Nurul Hikmah Cipinang Besar Utara Jaksel, Muhayat Muhasyim. Muhayat beruntung punya teman kamar yang sangat baik yaitu marbut Jami Al Fajar Munjul Jaktim, Udin Jaenudin.


"Saya sama Pak Udin kan awalnya nggak kenal tapi sekarang alhamdulillah dari Madinah sampai ke Mekah dan akrab," kata Muhayat di Double Tree, Mekah, Arab Saudi, Senin (11/11/2019).

Muhayat selalu berdua dengan Udin saat melaksanakan rangkaian ibadah umrah. Udin selalu membantu Muhayat agar tidak tersesat di jalan.

"Ke mana saja berdua sama Pak Udin nih, memang Pak Udin yang tahu jalan, saya di hotel saja, naik lift salah nyasar. Untung ada Pak Udin yang bantu. Pak Udin yang menunjukkan jalan," ujar dia.


Muhayat lantas menceritakan momen dirinya dan Udin mencium hajar aswad. Dia tak kuasa menahan air mata.

"Alhamdulillah saya berdua Pak Udin diajak ke Mekah. Saya salat persis di depan kabah. Alhamdulillah saya bisa nyium hajar aswad dan qiswahnya itu. Di situ saya sangat terharu, nggak tahan air mata. Di situ saya mohon ampun untuk orang tua dan istri, keluarga semua," ujarnya.
(knv/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com