detikNews
2019/11/11 05:02:05 WIB

Round-Up

Capella Sebut Restoran Politik, Paloh Bicara Niat Baik

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Capella Sebut Restoran Politik, Paloh Bicara Niat Baik Foto: Eks Sekjen NasDem, Patrice Rio Capella, memberikan pernyataan sikap terkait manuver Ketum Partai NasDem Surya Paloh yang dinilai melenceng. (Grandyos Zafna)
Jakarta - Eks Sekjen NasDem, Patrice Rio Capella tiba-tiba kembali muncul ke panggung politik Indonesia. Menurutnya, kini partai NasDem sudah melenceng. Dia juga tak lupa mengomentari manuver sang Ketum Partai NasDem, Surya Paloh.

Sebagaimana diketahui, Rio menggelar jumpa pers sendirian di Gado Gado Boplo, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/11/2019). Rio mulanya menyebut NasDem sudah melenceng jauh dari tujuan awal pendiriannya. NasDem, menurut Rio, saat ini sudah seperti 'restoran' politik.

"NasDem yang awalnya mengusung salam perubahan restorasi Indonesia sata ini berubah menjadi restoran politik , tempat masak memasak, goreng-menggoreng kepentingan politik, bukan utk kepentingan rakyat, kepentingan partai, dan kepentingan elite, kepentingan kelompok tertentu," kata Rio.


Dia lalu menyinggung manuver Surya Paloh saat bertemu dengan Presiden PKS Sohibul Iman."Sangat mengejutkan bagi saya saat pimpinan Partai NasDem bermanuver menemui dan berkomunikasi ke pimpinan partai lain di kubu oposisi. Bukan masalah pada komunikasinya, tapi pada konteks komunikasi tersebut. Karena pada saat yang sama, Partai NasDem menjadi bagian utama dari koalisi pemerintahan Presiden Joko Widoso dan Kiai Ma'ruf Amin," ujar Rio.

Manuver itu, menurut Rio, tidak mencerminkan sopan santun dalam berpolitik. Salah satu pendiri NasDem ini juga 'menyentil' soal jabatan Jaksa Agung yang tak lagi dijabat oleh kader NasDem.

"Makin tidak bisa dipahami oleh saya jika manuver itu adalah bentuk kemarahan pimpinan Partai NasDem karena kehilangan kursi Jaksa Agung dalam Kabinet Indonesia Maju. Partai NasDem harusnya sadar, pembentukan kabinet itu hak prerogatif Presiden dan tidak bisa diatur oleh siapa pun," ungkapnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com