detikNews
Senin 11 November 2019, 00:06 WIB

Kuliner Nusantara Meriahkan Perayaan 70 Tahun Hubungan RI-India di New Delhi

Haris Fadhil - detikNews
Kuliner Nusantara Meriahkan Perayaan 70 Tahun Hubungan RI-India di New Delhi Foto: Perayaan 70 tahun hubungan Indonesia-India (dok. KBRI New Delhi)
Jakarta - KBRI New Delhi menggelar resepsi diplomatik untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India serta HUT RI ke-74 di New Delhi. Musik serta berbagai kuliner khas nusantara disajikan untuk memeriahkan acara ini.

Acara bertajuk 'Pesta Nusantara' tersebut digelar di Leela Palace Hotel, New Delhi, Jumat (8/11) waktu setempat. Dubes Sidharto Reza Suryodipuro mengatakan saat ini India dan Indonesia sudah memasuki era baru kerja sama di berbagai bidang.

"Masih banyak lagi potensi yang dapat dieksplorasi secara berkelanjutan untuk kepentingan rakyat kedua bangsa," ujar Sidharto dalam keterangan tertulis, Minggu (10/11/2019).



Hadir sebagai Chief Guest pada malam Resepsi Diplomatik adalah Secretary (Economic Relations), Ministry of External Affairs India, Shri T.S. Trimurti. Selain itu, sejumlah duta besar negara sahabat yang berada di India, anggota parlemen dan para diaspora Indonesia di India juga turut hadir.

Acara tersebut juga dimeriahkan penampilan harpis tanah air Maya Hasan dan pemain biola asal India Sunita Bhuyan. Mereka membawakan lagu-lagu daerah dan kontemporer baik India maupun Indonesia.

Lagu-lagu seperti Angin Mamiri, Sipatokaan, Sempurna, Cintaku, Love Never Felt So Good, Kopi Dangdut, Last Flower, Save The Last Dance, Sepanjang Jalan Kenangan hingga Kuch-kuch Hota Hai turut memeriahkan acara. Para tamu juga disuguhkan berbagai ragam menu khas nusantara.
Menu utama yang menjadi andalan di acara itu antara lain soto ayam, ayam panggang, rendang, ikan bakar slice, tahu kukus, tumis kangkung hingga sate ayam dan gado-gado. Menu tersebut sebelumnya diperkenalkan oleh 4 chef ternama Indonesia pada acara Food Festival 2019 yang diadakan KBRI New Delhi pada Agustus 2019.

Kudapan khas nusantara seperti kolak pisang, dadar gulung dan puding sagu juga disajikan di acara ini. Beragam menu India turut disajikan seperti paneer spring onion masala, dal jamavar dan beberapa jeni roti khas India.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com