detikNews
Senin 11 November 2019, 07:11 WIB

Kisah Winda yang Berjuang Bertahan Hidup hingga Lolos Jadi PNS    

Content Promotion - detikNews
Kisah Winda yang Berjuang Bertahan Hidup hingga Lolos Jadi PNS     Foto: Bimbel CPNS
Jakarta -

Kehidupan baru

Nama aku Winda seorang gadis keturunan Jawa yang kalau akhir pekan sangat suka berjalan-jalan dan mencari kuliner-kuliner baru di kota tempatku tinggal. Aku seorang sarjana pendidikan lulusan dari kampus kenamaan di Semarang. Kehidupanku dulu sangat bahagia dan menyenangkan. Di tempat kuliah dulu aku sering sekali bermain ke tempat-tempat liburan dan tentunya kulineran bersama kawan-kawanku yang kebetulan punya hobi yang sama.

Bagiku dengan melancong dan mencicip beragam kuliner di Indonesia akan membuat kita semakin mengenal dan bangga dengan warisan negara kita. Merasa dikasihi, kehidupan yang berkecukupan, perhatian dari kedua orang tuaku, dan banyaknya pengalaman positif, membuat aku merasa hidupku sangat bahagia.

Kebahagiaan ini pun terasa semakin sempurna, santer ku dengar mas ku ingin segera melamar dan meminangku sebagai istrinya. Betapa bahagianya aku. Kami pun melaksanakan prosesi pernikahan di Kota Semarang tempat kelahiranku dan orang tuaku tinggal, yang berjalan dengan sangat khidmat.

Perubahan yang tak ku suka

Setelah menikah, aku dan mas ku tinggal di rumah mertuaku di Kota Bandung. Kehidupan pernikahan dan perubahan peran/status menjadi sepasang suami istri bukanlah hal yang mudah bagiku begitupun mas ku. Pernikahan memang tak seindah kelihatannya, banyak tantangan dan problematika yang kalau bisa diatasi dengan baik maka bisa menjadi pendewasaan dan pembelajaran. Seperti pasangan suami istri pada umumnya pasti ada dan pernah mengalami beragam ujian dalam pernikahan, begitupun denganku. Hidup dan tinggal bersama mertua dalam satu rumah bukanlah hal yang mudah, ditambah kondisi ekonomi keluarga kecilku masih benar-benar baru dimulai dan dirintis.

Kehidupanku tidak seperti dulu lagi. Jika dulu aku bisa dengan mudahnya berjalan-jalan melancong ke tempat-tempat baru dan mencicipi beragam kuliner hanya sekedar untuk melepas penat dan menghilangkan stres karena tugas-tugas kuliah, kini hal tersebut sangat sulit dan tidak mungkin. Pengeluaran kami sekarang lebih banyak untuk hal-hal yang basic dan fundamental/kebutuhan dasar. Apalagi mas ku belum punya pekerjaan tetap. Beberapa kali memang dia sempat bekerja di beberapa lembaga tapi hanya bertahan 3 sampai 6 bulan saja. Saat ini, mas ku sebetulnya sedang merintis usaha, namun memang belum benar-benar kelihatan hasilnya. Dia menjadi lebih sering di rumah. Hal ini yang selalu membuat aku kesal dan menambah stres pikiranku.

Pertemuan dengan Dita

Di tengah-tengah stress dan kegelisahanku mengenai perekonomian keluarga, kudengar pemerintah akan segera membuka banyak lowongan formasi bagi PNS di awal tahun 2019. Hal ini cukup menarik perhatian dan pikiranku. Setelah aku menikah, aku memang sempat bekerja sebelumnya sebagai guru SD di sekolah swasta di Kota Bandung, dengan gaji yang pas-pasan, hanya cukup untuk ongkos dan menutupi kekurangan kebutuhan rumah tangga. Oleh karena itu, peluang untuk menjadi PNS seketika menjadi sangat menarik bagiku. Apalagi ku dengar jika kita bisa jadi PNS di salah satu lembaga penting negara, gaji dan pesangon yang diberikan bisa lebih dari cukup. Selain itu aku bisa berkontribusi dan mengabdi bagi pembangunan negera yang kucinta.

Dengan perasaan penuh harap dan optimisme yang besar aku mulai mempersiapkan diri memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti serangkaian tes dan seleksi CPNS 2019. Aku pun mulai membeli buku-buku latihan soal CPNS dan dengan tekun ku lahap seluruh soal dan pertanyaan dalam buku tersebut. Namun, semakin dekat dengan waktu pelaksanaan tes, kekhawatiranku semakin besar. Walaupun aku sudah berusaha keras dan terus belajar latihan soal, aku merasa hal ini masih belum cukup. Apalagi katanya untuk pembukaan formasi CPNS tahun 2019 ini walaupun jumlahnya besar yakni sebesar 197.117, formasi jumlah pelamarnya diprediksi mencapai 3 juta pelamar artinya hanya 6% pelamar yang akan lolos seleksi. Aku merasa sangat khawatir dengan seluruh usaha dan persiapanku. Aku khawatir apa yang kulakukan belum semaksimal pelamar lain, sehingga aku kehilangan kesempatan emas untuk menjadi PNS agar dapat mengubah kehidupan dan nasib keluargaku.

Suatu saat aku sedang dalam perjalanan ke Kota Semarang untuk mengambil legalisir Ijazah ku, menggunakan kereta api. Tak disangka dalam perjalanan tersebut tiba-tiba aku bertemu dengan Dita kawan SMA ku dulu. Kami sama-sama hendak bertolak ke Kota Semarang. Kursi penumpang aku dan Dita ada di gerbong yang sama bahkan berdekatan, membuat kami bisa saling berpapasan satu sama lain saat hendak masuk kereta. Saat kami berpapasan aku sedikit bingung dan lupa-lupa ingat, walaupun wajahnya familiar bagiku tapi aku ragu. Oleh karena itu Dita menyapa ku terlebih dahulu, dan semenjak itulah percakapan kami pun dimulai. Kami pun saling bertukar kabar satu sama lain. Dita bercerita bahwa saat ini ia telah menjadi Dosen Tetap di salah satu PTN di Kota Bandung dengan status sebagai PNS, betapa senang dan terkejutnya aku mendengar kabar tersebut, aku bisa bertanya-tanya kepadanya cara agar aku bisa lulus CPNS.

Akupun bercerita pada Dita kabar dan kondisiku saat ini serta niatku untuk menjadi PNS. Mendengar niatku tersebut ia bertanya kepada ku sudah seberapa jauh persiapan yang ku lakukan. Aku melanjutkan ceritaku, bahwa aku sudah mulai banyak membeli buku-buku latihan soal CPNS dan sudah dengan rajinnya melahap satu demi satu seluruh soal dalam buku tersebut. Mendengar hal tersebut ia merasa persiapan yang aku lakukan masih dinilai kurang, apalagi menurutnya persaingan untuk menjadi CPNS tahun ini selain jumlah pelamarnya yang semakin banyak kualitas pelamarnya pun tidak main-main, trennya sudah mulai banyak lulusan luar negeri yang juga ikutan melamar. Dita pun mulai bercerita bagaimana proses dan perjuangannya dulu ketika tes dan seleksi CPNS dengan harapan bisa menjadi inspirasi dan informasi yang dapat membantuku agar lulus seleksi CPNS.

Mimpi yang semakin dekat dan nyata

Saat itu, aku pun mulai mendengarkan cerita bagaimana usaha dan kesungguhan ia agar bisa lolos CPNS. Dita bercerita kalau dulu dia pernah ikut program bimbel intensif dari LulusCPNS.com. Awalnya Dita mengetahui program ini setelah diajak kawannya untuk ikut workshop strategi ampuh lulus CPNS yang diselenggarakan oleh LulusCPNS.com di hampir 40 kota besar di Indonesia yang sangat terbatas kuota pesertanya. Beruntung saat itu Dita dan kawannya bisa dapat tiket di akhir-akhir. Dalam workshop ini Dita mendapatkan banyak sekali strategi dan tips agar lolos seleksi CPNS, mendengar cerita dan pengalaman langsung dari yang sudah terlebih dahulu lolos jadi PNS, dan juga kita bakal belajar masalah-masalah yang sering dihadapi selama proses seleksi dan bagaimana cara kita mengatasinya.

Setelah mengikuti workshop tersebut Dita semakin mantap dan yakin untuk lebih bersungguh-sungguh mempersiapkan diri dan amunisi untuk menghadapi persaingan tes seleksi masuk CPNS, bukan sekedar iseng apalagi coba-coba. Oleh karena itu, Dita mengikuti program intensif dari LulusCPNS.com selama 3 minggu yang dibantu oleh para tenaga pengajar yang profesional, yang dilengkapi dengan sistem pendampingan dan pelaporan secara berkala kemajuan pembelajaran kita. Menurut Dita yang terpenting adalah adanya simulasi tes CPNS baik itu offline maupun online yang frekuensinya cukup sering, sehingga membuat kita semakin siap dan percaya diri dalam menghadapi tes sesungguhnya nanti.

Setelah ia bercerita tentang pengalamannya dulu, aku menjadi semakin yakin dan optimis bisa lulus seleksi CPNS jika dipersiapkan dengan matang dan maksimal. Karena ini adalah satu-satunya kesempatanku untuk menjadi PNS, aku merasa sangat takut untuk gagal, oleh karena itu aku mulai tertarik untuk mengikuti sarannya agar mencoba program bimbel CPNS dari LulusCPNS.com. Akupun mulai bertanya kepadanya apakah ia memiliki kontak yang bisa aku hubungi. Tak lama, Dita mengeluarkan handphonenya dan mencari nomor LulusCPNS.com, lalu dia memberiku nomor CS-nya, yakni mba Wulan (081382801260). Sambil memberi nomor tersebut ia menjelaskan dengan mengikuti program tersebut aku bisa lebih memiliki banyak amunisi dalam menghadapi seleksi CPNS dibandingkan pesaing lain.

Setelah panjang lebar ngobrol sana sini, kami berdua pun tertidur di dalam perjalanan. Namun suasana hatiku menjadi sangat gembira saat itu. Aku merasa cita-citaku untuk menjadi PNS semakin dekat, mudah, dan sangat mungkin untuk aku capai. Sesampainya di stasiun akupun langsung mengontak nomor yang telah Dita kasih untuk memastikan agar aku bisa dapat kuota dan ikutan program bimbel di sana.

"Hallo.. selamat pagi.. dengan LulusCPNS.com?"
"Hallo kak.. selamat pagi.. benar kak :), ada yang bisa kami bantu?"
"Iya kak.. aku mau tanya kalau mau ikutan program bimbel yang CPNS itu masih bisa?
"Oh.. iyaa. kak bisa kak.. untuk program persiapan CPNS ini kami punya tiga program kak.. Program Intensif, Karantina dan Garansi."
"Oh.. gitu kak... "
"Iya.. kak."
"Boleh tau gak, apa keunggulan dan perbedaan masing-masing?"
"Bolehh. Kak, program pertama yakni Program Intensif, di program ini kaka bisa dapet pembelajaran intensif untuk ujian CPNS selama 3 minggu, para mentor dan pengajar yang berpengalaman dan profesional, simulasi tes CPNS offline dan online, dan pendampingan yang intensif. Kalau untuk Program Karantina, kurang lebih sama akan tetapi untuk intensitas pembelajarannya lebih intensif dan mendalam serta didukung fasilitas penuh selama karantina, seperti makan, penginapan, laundri, dan lain-lain sehingga membuat kita buat fokus belajar. Program ketiga yakni Program Garansi, kalau ini garansi uang kembali jika tidak lolos CPNS kak dengan kurikulum pembelajaran yang disesuaikan sesuai kebutuhan."

"Oh gitu kak ya, untuk biayanya bagaimana kak?"
"Untuk biayanya kurang lebih yang termurah yakni Program Intensif minimal 4 juta rupiah, yang agak mahal yang karantina kak karena ada kebutuhan biaya lain khususnya untuk fasilitas selama dikarantina."
"Oh oke. Kak, terima kasih infonya," jawabku lugas.

Selang beberapa menit selama percakapan dalam telepon tersebut berlangsung, aku membatin dalam diriku, aku memang sudah sangat tertarik dengan program yang ditawarkan namun kondisi keuanganku memang sedang tak memungkinkan. Aku memang masih memiliki uang tabunganku selama kuliah dulu namun jumlahnya tak dapat mencukupi, dan awalnya memang aku berpikir bisa menggunakan uang ini buat modal aku persiapan CPNS. Aku pun mulai sedih apakah aku bisa melanjutkan impianku, dan kalaupun aku bisa mencari kesana-kemari terlebih dahulu baik itu meminjam atau bekerja, aku mulai khawatir jangan-jangan nanti kuotanya sudah keburu habis. Di sela lamunan panjangku... tiba-tiba Customer Service dari LulusCPNS.com menyapaku

"Halo. Kak, bagaimana Kak, kok diam, apa tertarik dengan program kami.. soalnya kami juga perlu memastikan kuotanya kak."
"Oh ya. Kak, tertarik kak, aku sangat tertarik. Kebetulan aku tuh direkomendasikan oleh kawanku yang sudah terlebih dulu jadi PNS untuk menggunakan jasa bimbelLulusCPNS.com, tapi gimana ya mba.. aku bingung."
"Oh iya, Kak. hah? bingung kenapa kak?"
"Gini kak, untuk masalah pembayarannya," jawab ku ragu.
"Oh, gini kak sebetulnya kami punya program special promotion bagi yang mendaftar di bulan November dan Desember, dan kami juga punya diskon khusus bagi anak guru, PNS dan juara 3 besar tryout."
"Wah.. gitu kak.. kalau boleh tau diskonnya berapa kak ya.."
"Iyaa.. kak.. lumayan kak.. untuk Program Diskon Khusus ada diskon sampai dengan 50% kak."
"Wah. beneran kak?"
"Iya. kak. orang tua kakak guru kah atau PNS?"
"Orang tua aku guru kak."
"Wah iyaa bisa kak."
"Wah, Alhamdulillah banget kakk.. aku memang udah nyiapin uang buat ikutan bimbel ini dari uang tabunganku dulu tapi memang belum cukup, karena itu aku bingung dan ragu. Tapi mendengar kabar diskon 50% ini aku sangat senang kak, karena budgetnya pas banget sama uang tabungan aku."
"Iyaa. Kak, Wah Alhamdulillah kalau gitu boleh tau namanya kak bisa saya daftarkan dulu, untuk selebihnya nanti kak langsung datang ke kantor saja ya"
"Oh ya, oke kak, nama aku Winda."
"Oke kak Winda, sudah aku daftarkan ya.Terima kasih"
"Sama-sama kak" Jawabku dengan penuh rasa senang.

Kisah Winda yang Berjuang Bertahan Hidup hingga Lolos Jadi PNS    Foto: Bimbel CPNS

Kisah Winda yang Berjuang Bertahan Hidup hingga Lolos Jadi PNS    Foto: Bimbel CPNS



Kejutan di hari kelahiranku

Minggu, 23 April 2019. Aku dan masku sedang berjalan-jalan menikmati kuliner di Kota Bandung. Hari ini adalah hari kelahiranku, masku baru saja mendapatkan rezeki melimpah dari proyekan bisnisnya, karena itu kami berdua memutuskan hendak berlibur dan berjalan-jalan bersama untuk memperingati hari kelahiranku.

Kami saat itu sedang bersantai dan bercakap-cakap di sebuah cafe dan restoran terkenal di daerah Dago Atas Kota Bandung sambil menunggu pesanan kami datang. Saat itu kami berdua tak sengaja menonton siaran televisi yang ada di tiang-tiang restoran. Siaran berita dalam televisi tersebut memberitakan bahwa ada sekitar 190 ribu pelamar yang lolos jadi PNS dan cerita-cerita unik para pelamar. Mendengar berita tersebut aku pun menjadi gugup. Hari ini adalah hari pengumuman CPNS 2019, pemerintah sudah mengumumkan hasilnya di situs resmi milik pemerintah penyelenggaraan seleksi CPNS.

Dengan sigap aku pun langsung membuka handphone dan mengecek status kelulusan ku di situs tersebut. Saat kubuka, halaman utama situs tersebut langsung menampilkan headline hasil seleksi CPNS 2019 yang langsung aku buka dengan segera walau perasaan ku saat itu masih campur aduk dan grogi. Tak lama kemudian terbukalah sebuah file berformat PDF yang menampilkan ribuan list nama, satu persatu mulai ku telusuri. Lalu, dengan perasaan tak percaya tertulis nama WINDA MAULINDA. Aku Lulus! Tak terasa air mataku mengalir saat itu, suasana sore itu menjadi sangat aneh dan gembira bagiku, di hari spesialku ini Tuhan menjawab semua perjuangan, doa dan pengorbanan yang aku lakukan. Aku Lulus! Terima kasih LulusCPNS.com atas bantuan dan bimbingannya selama mengikuti tes CPNS.

Keseluruhan informasi penting yang aku rangkum di atas, semoga dapat berguna untuk khalayak luas bagi teman-teman yang ingin mendaftar CPNS. Silakan akses website-nya di bimbelinfinity.co.id atau luluscpns.com untuk pendaftaran atau bisa konsultasi CPNS klik di sini, konsultasi STAN klik di sini

Artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Setiaptransaksi yang terjadi atas pengiriman barang dan kualitas produk bukan tanggung jawab detikcom.




(mul/ads)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com