detikNews
2019/11/10 19:19:11 WIB

Laporan dari Mekah

Ibadah Umrah Usai, Jemaah Marbut DKI Gunduli Kepala

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ibadah Umrah Usai, Jemaah Marbut DKI Gunduli Kepala Foto: Ibadah Umrah Usai, Jemaah Marbut DKI Gunduli Kepala (Vino-detikcom)
Mekah - Jemaah marbut DKI Jakarta selesai menunaikan ibadah umrah untuk ketiga kalinya. Usai umrah, jemaah mencukur rambutnya hingga gundul.

Jemaah awalnya mengambil mikat di Masjid Hudaibiyah, Minggu (10/11/2019), Mekah, Saudi Arabia. Setelah itu, jemaah berangkat menuju Masjidil Haram.

Jemaah kemudian melaksanakan rangkaian ibadah umrah dimulai tawaf, sai dan tahalul. Saat tahalul, pembimbing umrah mencukur sebagian rambut para jemaah.

Setelah itu, jemaah mencukur kembali rambutnya hingga gundul di dekat Masjidil Haram. Namun tak semua marbut yang menggunduli kepalanya, ada juga marbut yang merasa cukup dengan cukur rambut saat tahalul.



Marbut Masjid An Nurain Cilangkap Jaktim, Sukarno Rasim Wiryodiharjo, merasa puas telah melaksanakan rangkaian ibadah umrah dengan lancar. Dia juga berterima kasih terhadap pelayanan yang diberikan selama di Tanah Suci.

"Alhamdulillah umrah berjalan dengan lancar tanpa ada halangan, sangat memuaskan baik pelayanan petugas travel alhamdulillah sangat baik, service-nya hebat. Tinggal di hotel yang bagus, terus pelayanan hotel menunya cocok sama kita," kata Sukarno di Mekah, Arab Saudi.

Ibadah Umrah Usai, Jemaah Marbut DKI Gunduli KepalaFoto: Ibadah Umrah Usai, Jemaah Marbut DKI Gunduli Kepala (Vino-detikcom)


Sukarno lantas menceritakan momen paling mengesankan selama beribadah di Tanah Suci. Dia bersyukur bisa menunaikan salat dan berdoa di raudhah.

"Alhamdulillah momen sangat penting itu saya bisa melaksanakan di raudhah. Malah saya itu pertama kali masuk waktu pintu dibuka, saya baru pertama. Baru belakangnya yang masuk," ujar dia.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com