detikNews
Follow detiknews

Live Report: Menanti Gebrakan Ketum Baru Nasdem

Minggu 10 November 2019, 17:16 WIB Tim detikcom - detikNews
Live Report: Menanti Gebrakan Ketum Baru Nasdem

Puncak kongres NasDem digelar pada 11 November 2019. Sejumlah tokoh pun akan hadir, mulai dari Presiden Joko Widodo, Ketua Partai, hingga elite politik lainnya. Dalam penutupan ini juga akan disahkan Ketua Umum baru Partai NasDem.

  • 21:04

    Jokowi Akhirnya Peluk Erat Surya Paloh di HUT NasDem

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memeluk erat Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di HUT NasDem ke-8. Jokowi sebelumnya memang mengaku ingin memeluk erat Surya Paloh.

    HUT NasDem digelar di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11/2019). Jokowi, dalam sambutannya, mengaku cemburu karena Surya Paloh merangkul erat Presiden PKS Sohibul Iman. Dia mengaku bakal memeluk Surya Paloh selepas memberikan sambutan.

    Selain menyinggung rangkulan Surya Paloh ke Sohibul Iman, Jokowi berbicara banyak hal seperti isu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang disebut sengaja tak menyalami Surya Paloh hingga soal omnibus law. Setelah itu, Jokowi lalu mengucapkan terima kasih kepada NasDem.

    "Terima kasih atas seluruh dukungan yang telah diberikan oleh Partai NasDem selama ini terhadap pemerintah maupun terhadap saya pribadi. Terima kasih," kata Jokowi.

  • 20:59

    Paloh: Tekad NasDem Sukseskan Jokowi-Buka Komunikasi ke Oposisi

    Ketum NasDem Surya Paloh menyebutkan dua tekad partai mereka yang disimpulkan dari Kongres II NasDem. Paloh menyatakan tekad yang pertama adalah menyukseskan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

    "Kita baru saja menyelesaikan Kongres ke-2 yang kita laksanakan bersama selama kurang-lebih 4 hari. Suasana kongres yang begitu luar biasa dalam berbagai pembahasan yang telah dilakukan semuanya mencapai satu titik kesimpulan bersama," kata Surya Paloh di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

    "Partai ini harus tetap meneguhkan tekad dan semangatnya untuk tetap membantu suksesnya jalan roda administratif pemerintahan di bawah kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin," imbuh dia.

    Surya Paloh berbicara soal membuka ruang komunikasi kepada pihak-pihak yang di luar pemerintahan. Ini juga jadi tekad NasDem.

    "Partai ini juga meneguhkan sikapnya diperlukan terus menerus upaya membuka ruang komunikasi dan konsolidasi bersama dengan seluruh eksponen dan elemen masyarakat tanpa membedakan mereka yang berada di dalam maupun di luar pemerintahan. Ini kedua tekad kita," tegas Surya Paloh.

  • 20:55

    Puan Selfie Bareng Mega-Paloh, Ucapkan Selamat HUT NasDem

    Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR Puan Maharani menghadiri acara HUT ke-8 Partai NasDem di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Puan dan Mega sempat ber-selfie dengan Ketum NasDem Surya Paloh.

    Puan dan Mega kompak memakai baju merah, sementara Paloh mengenakan jas dan dasi. "Selamat ulang tahun Partai NasDem dan selamat Pak Surya Paloh terpilih kembali menjadi Ketua Umum Partai NasDem," tulis Puan.

    Live Report: Menanti Gebrakan Ketum Baru NasdemFoto: Ketua DPR Puan Maharani berselfie bersama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Ketum NasDem Surya Paloh. (Dok Instgaram @puanmaharaniri)
  • 14:22

  • 14:13

    NasDem: Kami Akan Terus Rawat Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

    Partai NasDem berkomitmen untuk terus merawat Pancasila sebagai ideologi bangsa. NasDem akan melakukan pendekatan melalui pendidikan formal maupun informal aktivitas sosial kemasyarakatan.

    Apalagi, berbagai macam budaya terus mengguyur Indonesia seiring berkembangnya teknologi. maka itu, peneguhan ideologi Pancasila menjadi penting sebagaimana yang tercantum dalam 4 pilar negara, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD 45.

    "Kita terus akan merawat Pancasila sebagai ideologi bangsa," kata Sugeng Suparwoto.

  • 14:03

    Pameran Pertanian masih berlangsung di tengah-tengah Kongres Partai NasDem yang resmi ditutup hari ini. Pameran digelar di Hall A Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

    Ada 14 pengisi stan yang terdiri dari berbagai kampus dan Sekolah Menengah Kejuruan se-Indonesia. Di antaranya Politeknik Negeri Ujung Pandang, Universitas Bina Nusantara, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, hingga SMK Muhammadiyah Gresik.

    Masing-masing stan memamerkan produk unggulan yang mereka ciptakan. Untuk Universitas Bina Nusantara misalnya, mereka membawa alat penetas telur yang diberi nama Tetasco.

    Sedangkan SMK Muhammadiyah Gresik membawa alat pembasmi hama dengan menggunakan teknologi tenaga surya.

    "Ini sistemnya, matahari akan masuk ke baterai yang ada di pembasmi hama ini, lalu nantinya akan ada sistem untuk mengatur frekuensi pembasmi hama yang jangkauannya lebih luas dari pembasmi biasa," ujar Siswa SMK Muhammadiyah Gresik, Muhammad Ilham, Senin (11/11/2019).

    Sementara itu, Universitas Diponegoro membawa teknologi plasma untuk memperpanjang masa simpan produk hortikultura yang diberi nama D'Ozone.

  • 13:56

    Soal Amandemen UUD 1945, NasDem Siap Tampung Suara Publik

    Partai NasDem mengatakan rencana amandemen Undang-Undang Dasar 1945 harus dilakukan secara cermat. NasDem sendiri akan mengupayakan jajak pendapat dengan masyarakat.

    "Kalau toh harus akan ada amandemen Undang-Undang Dasar 45, sekali lagi untuk isu amandemen 45, NasDem akan mendengarkan seluas-luasnya suara masyarakat melalui uji publik dan sebagainya melalui kampus dan kelompok masyarakat tokoh masyarakat dan seterusnya," kata politisi NasDem, Sugeng Suparwoto.

  • 13:34

    Nasdem Optimistis Menang Pilkada 2020

    NasDem siap menatap Pilkada 2020. Partai yang diketuai Surya Paloh ini optismistis bisa menang di kontestasi politik tahun depan.

    "Insaallah yang akan menang dominan pada Pemilu September adalah kader NasDem," kata Sugeng Suparwoto.

    Kongres NasDem.Kongres NasDem. (Foto: Uji/detikcom)
  • 13:28

    Konvensi Capres-Cawapres 2024 Bukan karena NasDem Tak Punya Tokoh

    Partai NasDem menyatakan akan menggelar konvensi capres-cawapres 2024. NasDem menegaskan, konvensi tersebut bukan berarti tak memiliki tokoh untuk diusung. Melainkan untuk memberi kesempatan seluruh masyarakat untuk menjadi pemimpin bangsa.

    "Kita buka seluas-luasnya. Apa NasDem tidak punya tokoh? Punya. Tetapi ini atas kesadaran mendasar untuk mencari putra putri terbaik. Kita sadar semua masyarakat punya hak konstitusi. Ini juga bagian dari bagaimana menggerakkan mesin partai. Sebagaimana kita targetkan 2024 kita menang legislatif dan presiden wakil presiden," kata politisi NasDem, Sugeng Suparwoto.

  • 13:17

    NasDem Tegaskan Tak Lakukan Power Sharing-Power Blocking

    Ketum NasDem Surya Paloh akan melakukan silaturahmi kebangsaan ke partai politik. Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan daya rekat sebagai bangsa. Apalagi partai politik memiliki peran strategis.

    NasDem menekankan, silaturahmi yang sedang dilakukan bukan rangka melakukan power sharing atau power blocking. Semata-mata, safari politik NasDem untuk kepentingan bangsa luas.

  • 13:05

    NasDem Akan Jadikan Indonesia Negara Ramah Investasi

    Partai NasDem akan berupaya meningkatkan perekonomian RI. NasDem akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang ramah investasi.

    "Indonesia telah memasuki independensi maupun depedensi antar kawasan sehingga sebagai negara kita tidak bisa lepas dari persoalan global. Kita akan membuka seluas-luasnya dengan memberdayakan ekonomi riil bangsa," ujar Politisi dari NasDem, Sugeng Suparwoto. di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11/2019).

  • 12:54

    Megawati Akan Hadir di HUT ke-8 NasDem Nanti Malam

    Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dikabarkan akan hadir di HUT ke-8 NasDem nanti malam. Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin juga akan hadir.

    "Megawati konfirmasi akan hadir di HUT NasDem nanti malam. Prabowo diundang tetapi belum ada konfirmasi akan datang atau tidak," kata Politisi dari NasDem, Sugeng Suparwoto.

    Wapres ke-12 Ri, Jusuf Kalla juga direncanakan akan hadir. Seluruh ketum Parpol diundang oleh NasDem.

  • 12:47

    Prananda Paloh Ditunjuk Korbid Pemilu untuk Gaet Milenial

    Prananda Paloh ditunjuk sebagai Ketua Bidang Pemenangan Pemilu. Prananda ditugaskan untuk menggaet suara milenial atau anak muda generasi Z.

    "Membicarakan soal pemilih pemula, pemilih Indonesia dari gen-Z 17-23 tahun dan 23-35 milenial. Pemilu 2024 jumlah mereka sudah nambah lagi. Angkanya besar sekali. Pemilih milenial di 2019 saja ada 53% sudah lebih dari setengah. Tren 2024 nambah lagi. Sangat wajar dan pantas Nasdem memilih Prananda sebagai Bapilu," kata Ketua Pemilih Milenial dan Pemula, Lathifa Al Anshori, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11/2019).

  • 12:38

    Surya Paloh Ingin NasDem Raih Posisi Pertama di Pemilu 2024

    Ketua Umum Partai NasDem menargetkan agar pertainya meraih posisi pertama di Pemilu 2024 mendatang. Dia mengerahkan seluruh ranting partai untuk mencapai target tersebut.

    "Ketum Surya Paloh bilang tidak lagi dalam tiga besar di 2024. DPP sampai ke ranting NasDem targetkan ada di posisi nomor satu. Di setiap kepengurusan minimal per desa ada 1 orang," kata Ketua Media & Komunikasi Publik Partai NasDem Charles Meikyansah.

  • 12:28

    NasDem Komitmen Kurangi Sampah

    Partai NasDem berkomitmen mengurangi sampah. Hal ini terbukti dengan tidak adanya penggunaan sampah selama tiga hari menggelar kongres di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

    "Soal sampah. Nasdem komit untuk mengurangi dan mencegah sampah," kata Sugeng Suparwoto.

  • 12:20

    Partai NasDem akan mengadakan konvensi untuk mencari kandidar capres-cawapres 2024. Konvensi ini dibuka untuk seluruh lapisan masyarakat.

    Konvensi ini akan dilaksanakan dua tahun sebelum pemilu. NasDem akan menjaring capres-cawapres lima tahun mendatang pada tahun 2022.

  • 12:15

    Kongres Partai NasDem Ditutup

    Kongres NasDem telah resmi ditutup oleh Ketum Surya Paloh. Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Jawa Tengah-Yogya, Sugeng Suparwoto mengatakan, dalam kongres Paloh menyampaikan pengurus partai 2019-2024.

    "Kongres tadi telah ditutup secara resmi oleh Pak Surya Paloh. Tadi sudah diulas bahwa kongres telah menghasilkan kepengurusan baru," kata Sugeng, di JIExpo, Jakarta, Senin (11/11/2019).

    Pada malam nanti NasDem akan menggelar perayaan HUT partai ke-8 dengan proses syukuran dan pentas budaya. Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, Wapres ke-12 Jusuf Kalla, dan seluruh ketum parpol dijadwalkan hadir.

    Kongres NasDem.Kongres NasDem. (Foto: Rolando/detikcom)
  • 11:53

  • 11:33

    Ketua Media & Komunikasi Publik Partai NasDem Charles Meikyansah mengucapkan rasa syukur atar terpilihnya lagi Surya Paloh sebagai Ketua Umum. Dia berharap NasDem bisa terus mengawal kemajuan bangsa dan negara.

    "Mohon doa restu dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia, mudah-mudahan Partai @NasDem
    dibawah kepemimpinan Bapak Surya Paloh kedepan selalu besama rakyat untuk mengawal kemajuan bangsa dan negara," ujarnya melalui akun Twitter resmi Charles.

  • 11:19

    Foto: Surya Paloh Terima Amanah Aklamasi Jadi Ketum NasDem Lagi

    Surya Paloh menerima amanah aklamasi sebagai Ketua Umum NasDem lagi di Kongres yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta.Surya Paloh menerima amanah aklamasi sebagai Ketua Umum NasDem lagi di Kongres yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta. (Foto: Dok. Twitter Partai NasDem)
  • 11:11

    Surya Paloh Ketum, Ini Pengurus Partai NasDem Periode 2019-2024

    Ketua Umum: Surya Paloh
    Wakil Ketua Umum: Ahmad M Ali

    A. Ketua Koordinasi Bidang Kebijakan Publik & Isu Strategis: Suyoto
    1. Ketua Hubungan Internasional: Martin Yudi Manurung
    2. Ketua Ekonomi: Shanti Ramchand
    3. Ketua UMKM: Niluh Djelantik
    4. Ketua Agama & Masyarakat Adat: Hasan Aminuddin
    5. Ketua Tenaga Kerja & Transmigrasi: Irma Suryani
    6. Ketua Kesehatan: Okky Asokawati
    7. Ketua Perempuan & Anak: Amelia Anggraini
    8. Ketua Pendidikan & Kebudayaan: Nining Indra Shaleh
    9. Ketua Hukum & HAM: Taufik Basari
    10.Ketua Pariwisata & Industri Kreatif: Yuli Laiskodat
    11.Ketua Pertahanan & Keamanan: Supiadin Aries Saputra
    12.Ketua Pertanian, Peternakan & Kemandirian Desa: Sulaeman L Hamzah
    13.Ketua Maritim: Emmy Hafild
    14.Ketua Pemuda & Olahraga: Moh Haerul Amri
    15.Ketua Energi & Mineral: Kurtubi
    16.Ketua Lingkungan Hidup: Lusyani Suwandi
    17.Ketua Kehutanan, Agraria & Tata Ruang: T. Taufiqulhadi
    18.Ketua Migran: Felly Runtuwene

    B. Ketua Koordinasi Bidang Ideologi, Organisasi, dan Kaderisasi: Sri Sajekti Sudjunadi
    1. Ketua Organisasi & Keanggotaan: Rusdi Masse Mappasesu
    2. Ketua Kaderisasi & Pendidikan Politik: Baedowi
    3. Ketua Hubungan Legislatif: Atang Irawan
    4. Ketua Hubungan Eksekutif: Luthfi A. Mutty
    5. Hubungan Badan & Sayap: Ivanhoe Semen
    6. Ketua Penggalangan & Penggerak Komunitas: Andri J
    7. Ketua Pemilih Pemula & Milenial: Lathifa M. Al Anshori
    8. Ketua Cyber & Digitalisasi: Donny Priambodo
    9. Ketua Media & Komunikasi Publik: Charles Meikyansah

    C. Ketua Koordinasi Bidang Pemenangan Pemilu: Prananda Surya Paloh
    1. Sumatera 1 ( Aceh, Sumut ): Zulfan Lindan
    2. Sumatera 2 ( Sumbar, Kepri, Riau, Bengkulu ): Willy Aditya
    3. Sumatera 3 ( Bengkulu, Sumsel, Jambi, Babel, Lampung): Fauzi Amro
    4. Jawa 1 ( Banten, DKI ): Effendi Choirie
    5. Jawa 2 ( Jabar ): Saan Mustopa
    6. Jawa 3 ( Jatim ): Sugeng Suparwoto
    7. Jawa 4 ( Jatim ): Dossy Iskandar P
    8. Bali, NTB, NTT: Okka Gunastawa
    9. Kalimantan: Syarif Alkadrie
    10. Sulawesi: Rachmat Gobel
    11. Maluku,Maluku Utara: Rosita Usmah
    12. Papua, Papua Barat: Robert Rouw

    D. Sekretais Jenderal: Jhonny G Plate
    1. Wasekjend Kebijakan Publik & Isu Strategis: Hernawi Taslim
    2. Wasekjend Ideologi, Organisasi & Kaderisasi: Dedy Ramanta
    3. Wasekjend Pemenangan Pemilu: Jakfar Sidik
    4. Wasekjend Umum & Administrasi: Siar Anggreta Siagian

    E. Bendahara Umum: Ahmad Sahroni
    1. Waben Pengelolaan Dana & Aset: Joice Triatman
    2. Waben Penggalangan Dana: Fatmawati Rusdi

  • 10:59

    Johnny G Plate Kembali Jadi Sekjen NasDem

    Surya Paloh yang kembali ditunjuk sebagai Ketum NasDem membacakan pengurus partai periode 2019-2024. Johnny G Plate kembali ditunjuk sebagai Sekjen partai.

    "Ketua umum sepertinya sukar berpsiah dengan manusia ini, beri tepukan tangan untuk Johnny G Plate," kata Paloh di JIExpo, Jakarta, Senin (11/11/2019).

  • 10:37

    Prananda Paloh Ditunjuk sebagai Ketua Koordinasi Bidang Pemenangan Pemilu

    Ketum NasDem Surya Paloh menyampaikan pengurus partai periode 2019-2024. Prananda Surya Paloh ditunjuk sebagai Ketua Koordinasi Bidang Pemenangan Pemilu. Johnny G Plate kembali ditunjuk sebagai Sekjen.

    Surya Paloh umumkan jajaran dewan pengurus usai kembali dikukuhkan sebagai Ketua Umum Partai Nasdem.   Johny G Plate kembali ditunjuk sebagai Sekjen. Sementara Prananda Surya Paloh diberi tugas untuk memenangkan Nasdem pada Pemilu 2024 mendatang.   Ada menteri dan mantan menteri Presiden Joko Widodo yang dijadikan dewan pengurus. Di antaranya Mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, serta Rahmat Gobel.Kongres NasDem. (Foto: Uji/detikcom)
  • 10:05

    Sidang Pleno Kongres Partai Nasdem tengah berlangsung di Grand Ballroom JIExpo, Kemayoran Jakarta Pusat. Hari ini merupakan puncak kongres Partai Nasdem.

    Sebelumnya, Kongres telah mengukuhkan Surya Paloh kembali menjadi Ketua Umum. Rencananya Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin akan hadir di puncak acara Kongres.

  • 09:46

    Aklamasi, Surya Paloh Kembali Terpilih Jadi Ketum NasDem

    Kongres II Partai NasDem menetapkan Ketua Umum Partai NasDem periode 2019-2024 adalah Surya Paloh Restorasi untuk Indonesia Maju.

  • 09:40

    Surya Paloh Masuk ke Ruang Rapat Pleno

    Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memasuki area Ruang Rapat Pleno. Surya Paloh didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

    Paloh tampak mengenakan kemeja putih yang dibalut dengan jas dan celana hitam. Sementara para kadernya, mengenakan jas berwarna biru senada dengan warna lambang partai mereka.

    Tampak juga Ketua Umum Garda Pemuda Nasdem Prananda Surya Paloh yang sudah lebih dulu memasuki ruang rapat pleno.

    Ketum NasDem Surya Paloh.Ketum NasDem Surya Paloh. Foto: Uji/detikcom
  • 09:26

    Kader Mulai Padati Penutupan Kongres Partai NasDem

    Kader Partai NasDem mulai memadati area kongres di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Di puncak acara kongres ini, Surya Paloh akan dikukuhkan kembali sebagai Ketua Umum.

    Peserta kongres yang sudah hadir di Hall A Jiexpo diminta untuk memasuki ruang sidang pleno.

    Kongres NasDem.Suasana puncak acara Kongres NasDem. (Foto: Uji/detikcom)
  • 17:29

    Jokowi Bakal Hadiri Kongres NasDem, Bicara Apa?

    Sekjen Partai NasDem Jhonny G Plate menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir dalam Kongres kedua NasDem. Jokowi dijadwalkan hadir pada puncak acara.

    "Kan sudah bilang puncak keseluruhan dari acara kita yang nanti nanti akan hadir Pak Jokowi akan hadir," ujar Jhonny di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).

    Jokowi Saat Memberikan Kuliah Umum ABN Nasdem / Jokowi Saat Memberikan Kuliah Umum ABN Nasdem / Foto: Rengga Sancaya

    Jhonny berharap, Jokowi dapat meluangkan waktunya untuk hadir dalam kongres. Nantinya, Jokowi akan diminta untuk memberikan arahan politik.

    "Nah saat itu tentu kami sangat berharap bapak Presiden mempunyai waktu dan hadir bersama keluarga besar partai Nasdem, dan memberikan kata sambutan arah politik," kata Jhonny.

    Jhonny mengatakan tidak hanya Jokowi, pihaknya juga mengundang Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Jhonny menyebut, puncak acara dari kongres kedua ini akan dilakukan pada tanggal 11 November 2019. Sementara itu, Ketum Partai NasDem, Surya Paloh mengaku akan mengundang Ketua Umum (Ketum) partai politik dalam kongres kedua partainya. Paloh menyebut pihaknya juga mengundang PDIP dan PKS.

  • 17:27

  • 17:25

    Pembukaan Kongres Partai NasDem, dari Anies sampai Kang Emil

    Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menghadiri Kongres NasDem dan menyampaikan materi ke para kader. Dia mengaku diundang langsung oleh Ketum NasDem Surya Paloh dan akan hadir dalam penutupan kongres. Kang Emil mengatakan dirinya bicara inovasi pemerintah daerah di hadapan ribuan kader NasDem.

    Selain Kang Emil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlebih dahulu menghadiri Kongres NasDem. Ketika itu, Anies mengatakan NasDem adalah motor persatuan. Anies kemudian menjelaskan kehadirannya di Kongres NasDem. Sebagai kepala daerah, terutama di Jakarta, hadir dalam kegiatan parpol yang diselenggarakan di ibu kota merupakan hal yang lumrah.

    Kedatangan Anies menarik karena Paloh menyapa Anies dengan sapaan 'adik'. Sapaan 'adik' untuk Anies itu menjawab terkait kehadiran eks Mendkibud tersebut di kongres NasDem.

    "Ini adik saya, Gubernur Jakarta," ujar Paloh kepada wartawan, usai pembukaan Kongres NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

  • 17:25

    Menanti Gebrakan Ketum Baru NasDem

    Puncak kongres NasDem digelar pada hari ini, Senin (11/9/2019). Sejumlah tokoh pun akan hadir, mulai dari Presiden Joko Widodo, Ketua Partai, hingga elite politik lainnya. Dalam penutupan ini juga akan disahkan Ketua Umum baru Partai NasDem.

    34 DPW NasDem mengusulkan Surya Paloh menjadi calon Ketua Umum (caketum) NasDem. Nama Surya Paloh menjadi calon tunggal di Kongres II NasDem. Namun akankah Surya Paloh kembali menjabat sebagai Ketua Umum? Lalu apa pidato yang akan disampaikan Jokowi dalam panas dingin hubungannya dengan sang punggawa NasDem, Surya Paloh? Semua dinamika politik itu akan tersaji dalam beberapa jam ke depan. Saksikan terus live report langsung Kongres NasDem langsung dari JIExpo Kemayoran, Jakarta.