Pemprov Sumut Bentuk Unit Reaksi Cepat Tangani Virus Kolera Babi

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Minggu, 10 Nov 2019 16:50 WIB
Gedung Pemprov Sumatera Utara (Dok Humas Pemprov Sumut)
Medan - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) membentuk Tim Unit Reaksi Cepat Pencegahan dan Penanganan Peredaran Virus Hog Cholera atau virus kolera babi. Tim ini bertugas menangani kasus virus hog cholera yang tengah mewabah.

Tim ini terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Sumber Daya Alam Tata Ruang dan Cipta Karya Sumut, Badan Lingkungan Hidup, BPBD Sumut, serta Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut. Saat ini tim sudah bekerja di lapangan.

"Tim sudah bekerja, penyakit ini hanya menyerang ternak babi, ternak yang terinfeksi virus hog cholera pun tidak bisa diobati, kita hanya bisa melakukan upaya pencegahan virus dengan melakukan sanitasi terhadap kandang, dan pemberian vitamin, serta vaksin kepada ternak yang sehat," tutur Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut M Azhar Harahap, di Kantor BPBD Sumut, Jalan Medan-Binjai Km 10, Minggu (10/11/2019).



Azhar menjelaskan virus ini pertama kali ditemukan di Sumut pada 25 September 2019, lewat surat yang disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Dairi. Laporan ini disikapi dengan mengambil sampel darah babi di beberapa kabupaten, seperti Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Kabupaten Deliserdang.

"Hasil dari laboratorium menyatakan itu positif hog cholera," katanya.