5 Fakta Hari Pahlawan yang Diperingati Setiap 10 November

5 Fakta Hari Pahlawan yang Diperingati Setiap 10 November

Puti Yasmin - detikNews
Minggu, 10 Nov 2019 15:24 WIB
5 Fakta Hari Pahlawan yang Diperingati Setiap 10 November/Ilustrasi Foto: Antara Foto/Zabur Karuru
5 Fakta Hari Pahlawan yang Diperingati Setiap 10 November/Ilustrasi Foto: Antara Foto/Zabur Karuru
Jakarta - Peringatan Hari Pahlawan 2019 jatuh pada hari ini atau setiap 10 November. Lantas, apa saja fakta-fakta menarik dari hari pahlawan? Yuk simak.

Memperingati hari pahlawan menjadi keharusan masyarakat Indonesia. Sebab, para pahlawan telah melindungi negara dengan mempertaruhkan nyawanya.

Berikut fakta-fakta hari pahlawan yang dirangkum detikcom:

1. Sejarah

Jatuhnya peringatan Hari Pahlawan pada 10 November didasari pertempuran yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini terjadi antara rakyat Indonesia dengan pasukan Inggris.

2. Perang Pertama Usai Merdeka

Pertempuran Surabaya itu terjadi usai kemerdekaan, yakni 10 November 1945. Bahkan, pertempuran juga menjadi yang tersulit dan terbesar.

3. Perang 3 Minggu

Pertempuran yang mendasari Hari Pahlawan juga berlangsung selama 3 minggu lamanya. Kala itu, pasukan Inggris ingin Indonesia menyerah dan menjadi negara jajahan Hindia Belanda.

4. Jumlah Pahlawan Nasional

Saat ini, jumlah pahlawan nasional yang diperingati dalam Hari Pahlawan mencapai sekitar 170 orang. Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah 6 pahlawan nasional.

5. Quotes

Salah satu quotes untuk memperingati Hari Pahlawan dari Presiden Soekarno adalah "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya."

Nah, selamat memperingati Hari Pahlawan ya! (pay/imk)