12 Tahun Beraksi, Ayah-Anak Pemalsu Buku Kir Diciduk Polisi

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 10 Nov 2019 12:10 WIB
Pemalsu STNK dan buku kir diciduk. (Sachril/detikcom)


Dari hasil pengembangan, kata Budhi, ada satu orang yang berstatus daftar pencarian orang (DPO), yakni ND. ND diduga sebagai pemasok material atau buku kir palsu.

"Sampai saat ini masih orang luar semua (sipil). Tapi akan ditelusuri lagi, kami ada satu DPO, yaitu ND, yang merupakan pemasok. Bisa saja dimungkinkan kalau ND tertangkap, dia mendapat (material buku kir palsu) dari orang dalam. Akan kita proses sumber material ini. Tapi sampai sekarang ND belum tertangkap," tuturnya.



Dari hasil penangkapan ini, polisi menyita barang bukti berupa 3 unit handphone, 1 komputer rakitan, 2 printer, 1 mesin pres, 1 laptop, berbagai macam stempel, 6 lempeng pelat peneng, 1 palu berbahan kayu, 1 set ketokan pelat angka, dan abjad 6 mm 1/4", 405 buku kir, 811 lembar stiker masa berlaku uji berkala, 15 kartu pengawasan izin penyelenggaraan angkutan barang, dan 4 pack stiker transparan kuning.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat dengan Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun penjara.
Halaman

(rvk/asp)