Hukum Sepekan: Wiranto Gugat Eks Bendum Rp 23 M-Ortu Tuntut SMA Gonzaga Disita

Andi Saputra - detikNews
Minggu, 10 Nov 2019 10:22 WIB
Wiranto (ari/detikcom)

3. Sengketa Tanah KEK Mandalika

Lahan seluas 5,9 hektare yang masuk Hak Pengelolaan Lahan (HPL) 73 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta, Kabupaten Lombok Tengah tengah dirundung sengketa. Di atas tanah itu kini sedang dibangun tiga hotel bintang lima yakni Hotel Pullman, Hotel Royal Tulip, dan Paramount Lombok Resort.

Tanah ini juga diklaim milik Umar yang dibelinya pada 1997 dan terbit Sertifikat Hak Milik pada 2005. Karena masuk ke kawasan HPL, Umar menggugat ke pengadilan.

Di tingkat pertama, Umar kalah. Tapi di tingkat banding, Umar menang. Kuasa hukum Umar, Mochtar M Saleh, ketika dikonfirmasi wartawan terkait persoalan ini menjelaskan SHM milik Umar itu benar adanya. Hal tersebut terbukti dari putusan majelis hakim Banding Perdata Pengadilan Tinggi Mataram.

"Yang jelas menurut putusan itu dibenarkan. Dari dulu dia menguasai, dia beli. Kalau HPL itu soal lain. Intinya klien kami ini ada SHM," kata Mochtar.

Sementara itu, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati NTB Tende di Mataram akan mengajukan kasasi karena merasa yakin bahwa lahan yang berada di kawasan HPL 73 itu berada di bawah kuasa pemerintah.

"Jadi di tingkat pertama kita menang, banding kalah. Makanya kita ajukan kasasi. Memori kasasi sedang disusun. Itu masuk area KEK (Mandalika)," kata Tende.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5