detikNews
Sabtu 09 November 2019, 16:06 WIB

Anies-Jusuf Kalla Hadiri Groundbreaking Pembangunan Masjid Apung Ancol

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Anies-Jusuf Kalla Hadiri Groundbreaking Pembangunan Masjid Apung Ancol Anies Baswedan dan Jusuf Kalla. (Rahel/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara pemancangan tiang pertama (groundbreaking) pembangunan Masjid Apung Ancol, Jakarta. Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla juga hadir di lokasi.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (9/11/2019), Anies tiba lebih dulu, yakni pukul 15.30 WIB. Anies terlihat tiba menggunakan sepeda. Tak berlangsung lama, giliran JK yang datang ke lokasi. JK tiba pukul 15.37 WIB.



Anies dan JK kemudian masuk ke tenda VVIP secara berdampingan. Setelahnya, Anies dan JK menyempatkan diri melihat desain Masjid Apung Ancol. Lalu menuju tenda peresmian bersamaan. Acara groundbreaking diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'.

Proses pembangunan Masjid Apung Ancol direncanakan memakan waktu satu tahun mulai dari pelaksanaan groundbreaking. Nantinya area masjid akan memiliki luas 2.000 meter persegi, yang mampu menampung hingga 2.500 orang jemaah.



Department Head Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Rika Lestari mengatakan bangunan ini memiliki bentuk segi lima, yang mencerminkan rukun Islam serta jumlah waktu salat wajib dalam satu hari. Tinggi masjid 25 meter, yang melambangkan 25 nabi yang dikisahkan dalam Alquran.

"Pada sisi luar masjid akan terdapat enam buah minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun iman," tutur Rika dalam keterangan tertulis yang diterima.
(idn/jbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com