detikNews
2019/11/09 15:38:34 WIB

NasDem Ungkap Kriteria Capres 2024: Elektabilitas Tinggi-Punya Kapasitas

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
NasDem Ungkap Kriteria Capres 2024: Elektabilitas Tinggi-Punya Kapasitas Ketua DPP NasDem Irma Suryani (Faiq/detikcom)
Jakarta - Partai NasDem mulai terang-terangan berbicara tentang kriteria orang yang bakal mereka dukung sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Kriteria pertama adalah punya elektabilitas tinggi.

"Kriterianya elektabilitas tinggi karena, dengan elektabilitas tinggi, dia didukung rakyat. Rakyat yang memilihnya pasti mendukung," kata Irma Suryani disela-sela acara Kongres II Partai NasDem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (9/11/2019).



Kriteria kedua adalah bakal calon tersebut harus punya kapasitas hingga akuntabilitas. Menurutnya, dua hal itulah yang disyaratkan NasDem.

"Kedua, orang tersebut punya kapasitas, kapabilitas, dan akuntabilitas. Akuntabilitas itu moral, itu yang disyaratkan NasDem," tutur Irma.

Namun Irma mengatakan belum ada nama terkait sosok capres 2024 yang bakal didukung NasDem. Saat ini NasDem sedang melihat beberapa orang yang berpotensi menjadi capres 2024.

"Kami lagi lihat-lihat," kata Irma.



Saat ditanya tentang apakah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk radar capres 2024 yang bakal diusung NasDem, Irma tak menjawab lugas. Dia hanya mengatakan Anies diundang ke Kongres II NasDem karena lokasi Kongres berada di Jakarta dan Anies adalah tuan rumahnya.

"Anies Baswedan diundang itu sebagai Gubernur karena kita melaksanakan kongres ini di DKI sebagaimana PDIP melaksanakan kongres di Bali. Beliau juga mengundang gubernurnya, kami juga mengundang Gubernur DKI untuk memberikan sambutan. Itu bagian dari penghormatan karena kita ingin membangun yang namanya partai role model ke depan," jelas Irma.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com